TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbedaan Aki Kering dan Basah, Sudah Tahu?

Ternyata ada persamaannya juga 

Aki (youtube.com/Dokter Otomotif)

Jakarta, IDN Times - Motor-motor baru kini hadir dengan sederet fitur canggih, seperti keyless, digital panel speedometer, hingga idling stop system. Fitur-fitur tersebut tentu saja membutuhkan asupan listrik.

Karena itu peran aki menjadi sangat vital. Sebab kalau aki bermasalah, fitur-fitur canggih tersebut sudah pasti gak akan bekerja secara normal. Karena itu sangat penting merawat dan memastikan aki dalam kondisi sehat.

Saat ini ada dua jenis aki yang banyak beredar di pasaran, yakni aki basah dan aki kering. Apa perbedaan keduanya? Yuk, simak artikel berikut.

1. Cairan

Melepas kabel jumper aki (popularmechanics.com)

Perbedaan yang paling mencolok, yaitu pada bentuk cairan dari kedua aki tersebut. Walaupun namanya aki kering, ternyata isi di dalamnya tetap berupa cairan yang sama, lho. Cairan tersebut adalah cairan elektroda atau biasa disebut air aki. Namun, bentuk dari aki kering ini berupa gel, yang membuat aki gak akan tumpah meski terguncang atau terbalik.

Bentuk gel itu juga membuat cairan aki kering supaya gak menguap, sehingga volume cairan aki akan tetap terjaga dan kamu pun gak perlu menambahkan cairan aki agar volumenya tetap berada di atas batas minimal.

Sedangkan aki basah, cairannya encer dan berisi kandungan asam sulfat serta air demineralisasi atau air murni. Cairan ini mudah menguap sehingga kamu perlu menambahkan volume air aki saat terjadi pengurangan. Aki basah biasanya dicek setiap sebulan sekali.

Baca Juga: Fitur Side Stand Switch Bisa Bikin Aki Soak, Lho! 

2. Wadah

Aki mobil (groupon.ae)

Setiap aki kering menggunakan wadah yang berwarna solid atau gelap sehingga kita gak bisa melihat isi di dalamnya. Pada wadah aki kering juga gak tersedia lubang-lubang untuk mengisi dan melihat sisa gel di dalamnya. Aki jenis ini memang bukan didesain untuk diisi ulang menggunakan cairan aki, maka dari itu tidak ada lubang pengisian.

Sementara itu, aki basah mempunyai wadah semi transparan untuk memudahkan kamu melihat sisa air aki di dalam wadah. Nah, pada wadah ini juga ternyata terdapat garis yang menandakan batas minimum serta maksimum volume air aki juga, lho. Selain itu, terdapat pula lubang-lubang pengisian aki untuk menambah volume aki.

3. Harga

Ilustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Dilansir dari wahanahonda.com, harga Aki kering relatif lebih mahal daripada aki basah. Sebab aki kering pengembangan dari aki basah yang minim perawatan atau maintenance free. Sedangkan aki basah harus sering dirawat agar tidak terjadi masalah fatal yang merembet ke sistem kelistrikan kendaraaan.

4. Separator

tayna.co.uk

Separator berfungsi untuk menyekat pelat positif dan negatif pada aki. Kedua pelat ini harus disekat agar tidak terjadi korsleting, karena kalau itu terjadi maka reaksi kimia tidak akan berlangsung.

Nah, separator yang digunakan pada aki kering berbentuk kapas dan tidak mudah terguncang walupun dibalik ke atas dan ke bawah. Sedangkan aki basah apabila diguncang maka cairannya akan tumpah.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya