Comscore Tracker

Sering Alami Kebakaran, Mobil BMW Dilarang Masuk Negara Korsel

Ada yang punya BMW gak di sini?

Sering terjadinya kebakaran mobil BMW di Korea Selatan membuat pemerintahannya berencana melarang masuk mobil ini ke negaranya. Karena kejadian tersebut terjadi beberapa kali dalam beberapa hari terakhir ini, para penjabat BMW meminta maaf atas insiden yang terjadi ini. Bagaimana awal ceritanya?

1. Sebanyak 39 kasus mobil BMW terbakar terjadi selama tahun 2018

Sering Alami Kebakaran, Mobil BMW Dilarang Masuk Negara Korseltwitter.com/STcom

Pemerintah Korea Selatan berencana melarang sebanyak 20 ribu unit mobil BMW setelah mengalami insiden kebakaran mobil yang melibatkan produk buatan Jerman ini. Sudah ada 39 kasus yang terjadi selama tahun 2018 hanya untuk mobil BMW saja.

Larangan tersebut berlaku untuk mobil yang belum dikirim ke BMW untuk menjalani pemeriksaan keamanan secara sukarela. Kini, BMW berada dalam pengawasan setelah rentetan kasus tersebut.

"Kementerian akan meminta para walikota untuk memerintahkan para pemilik kendaraan BMW yang tidak diperiksa untuk mengecek keselamatan mobil mereka atau menghentikan mereka mengendarai mobil ini," ungkap Menteri Transportasi Korea Selatan, Kim Hyun-mee, seperti yang dikutip dari BBC.

2. Inilah penyebab mengapa BMW sering alami kebakaran

Sering Alami Kebakaran, Mobil BMW Dilarang Masuk Negara Korselwsj.com

Pemerintah Korea Selatan ikut andil dalam penyelidikan terjadinya kebakaran mobil-mobil BMW tersebut. Pihak BMW menduga adanya masalah dengan modul resirkulasi pembuangan gas pada kendaraan, bagian dari sistem yang mengeluarkan asap yang kembali ke mesin untuk mengurangi terjadinya polusi.

Pimpinan BMW di Korea Selatan meminta maaf sambil membungkukan badannya dalam konferensi pers atas kejadian-kejadian yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Ini sebagai bentuk tanggung jawab mereka dan permintaan maaf secara tulus dan berjanji menyelesaikan masalah ini.

3. Ternyata penarikan BMW sudah terjadi di negara lainnya dengan alasan berbeda

Sering Alami Kebakaran, Mobil BMW Dilarang Masuk Negara Korseltwitter.com/STcom

Penarikan mobil BMW secara besar-besaran juga ternyata pernah terjadi sebelumnya, salah satunya di Inggris. Ketika itu, sebanyak 300 ribu unit mobil BMW ditarik oleh perusahaannya di Inggris setelah mengalami masalah pada mesin mobil tersebut. Tahun lalu, BMW juga menarik 36 ribu unit mobil karena masalah keamanan setelah rentetan kecelakaan fatal yang disebabkan adanya gangguan rem serta listrik pada mobil ini.

Di Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Afrika Selatan juga melakukan hal serupa setelah total sebanyak 500 ribu unit mobil BMW ditarik pada tahun 2013 lalu.

Christ Bastian Waruwu Photo Community Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You