Comscore Tracker

5 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless untuk Mobil Kamu

Lebih praktis, kuat, dan mudah perawatannya

Ban tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam. Meski ban jenis ini lebih mahal dari ban biasa, kepraktisan dan keunggulan ban tubeless menjadi daya pikat banyak orang. Tidak heran banyak orang yang mulai mengganti ban miliknya yang biasa menjadi ban tubeless demi memperoleh kenyamanan dan keamanannya.

Kira-kira apa saja sih kelebihan yang didapat dari menggunakan ban tubeless? Berikut adalah ulasannya untuk kamu!

1. Lebih praktis

5 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless untuk Mobil KamuPexels/ JESHOOTS.com

Ban tubeless tidak memiliki ban dalam, tetapi sebagai gantinya ban ini memiliki innerliner yang mengikat velg secara langsung. Karena bentuk bannya yang sudah satu kesatuan, proses pemasangan menjadi lebih mudah dan praktis. Berbeda dengan ban biasa yang memiliki dua lapisan, yaitu ban luar dan ban dalam sehingga lebih merepotkan.

2. Struktur lebih kokoh dan kuat

5 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless untuk Mobil KamuPixabay/ DariuszSankowski

Ketika dibandingkan, ban tubeless memiliki struktur yang lebih kokoh dibandingkan ban biasa. Keawetan ban tubeless pun juga lebih tinggi karena ban ini hanya memiliki satu lapisan sehingga strukturnya dibuat lebih tebal dan kuat.

Baca Juga: Jika Ada 7 Tanda Ini, Artinya Ban Motormu Harus Diganti

3. Cengkeraman lebih kuat

5 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless untuk Mobil KamuPexels/ Matheus Bertelli

Cengkeraman ban tubeless ke aspal lebih kuat dibanding ban biasa. Hal ini membuat mobil tetap nyaman digunakan meski dalam kecepatan tinggi sekalipun. Cengkeraman yang kuat juga lebih membantu saat hujan sehingga tidak mudah tergelincir.

4. Tidak langsung bocor setelah terkena benda tajam

5 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless untuk Mobil KamuPexels/ Gumzito Leruo

Ketika di jalanan, tidak sengaja melindas benda tajam bukanlah hal yang mengherankan. Apabila kamu menggunakan ban biasa, benda tajam tersebut bisa langsung merobek hingga ban bagian dalam dan menyebabkan kebocoran hebat.

Namun, jika ban tubeless maka kamu tidak akan langsung mengalaminya. Struktur ban tubeless yang kokoh dan solid membuat ban tubeless tidak akan langsung bocor begitu terkena benda tajam, kamu memiliki kesempatan  dan waktu untuk mencari tukang tambal ban terlebih dahulu.

5. Lebih mudah ditambal

5 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless untuk Mobil Kamuautomachi.com

Inilah perbedaan besar antara ban biasa dan ban tubeless, jika ban biasa bocor apalagi terkena ban bagian dalam maka ban tersebut harus dilepaskan dari velg terlebih dahulu sebelum ditambal. Namun, jika ban tubeless bocor maka tidak perlu repot-repot dilepas dari velg karena ban ini hanya memiliki satu lapisan saja.

Baca Juga: Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban Mobil

Deny Hung Photo Community Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 09:15:05

Progress: 759.857 dari 813.350 TPS (93.42313%)

Just For You