Comscore Tracker

Kampas Rem Habis? Yuk Kenali Ciri-Cirinya! 

Merasa ada yang ganjal saat berkendara mobil?  

Jakarta, IDN Times – Kampas rem pada mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi cukup penting, yakni menghentikan laju kendaraan. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan kondisinya.

Sebab kampas rem, baik mobil maupun motor, bisa terkikis habis seiring waktu penggunannya. Lalu, apakah ciri-ciri kampas rem mobil mulai habis?

1. Pijakan pedal rem semakin dalam

Kampas Rem Habis? Yuk Kenali Ciri-Cirinya! Unplash/Obi Onyeadors

Ciri yang paling jelas saat rem kanvas mulai tipis adalah pedal rem yang harus diinjak semakin dalam. Hal ini sudah menjadi tanda jelas bahwa kamu harus segera mengecek kampas rem mobilmu.

Baca Juga: 3 Teknik Mengerem yang Wajib Kalian Ketahui 

2. Mobil bergetar saat pedal rem diinjak

Kampas Rem Habis? Yuk Kenali Ciri-Cirinya! Unplash/Obi Onyeador

Secara tidak langsung, ketika kampas rem mobil mulai habis, maka akan timbul getaran di pada mobil. Getaran akan semakin terasa saat pedal rem diinjak ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi.

Getaran terjadi karena kampas rem yang sudah habis, sehingga menyebabkan permukaan tidak rata. Bahkan, jika kondisinya lumayan parah akan terasa getarannya sampai setir mobil.

3. Muncul bunyi ketika melakukan pengereman

Kampas Rem Habis? Yuk Kenali Ciri-Cirinya! Unplash/Matt Antonioli

Ketika kampas rem mulai habis, akan timbul suara yang cukup mengganggu saat melakukan pengereman. Persis seperti suara logam bergesekan dengan logam lainnya.

Hal tersebut terjadi karena kampas rem habis, dan menyisakan bagian logamnya saja, yang bergesekan dengan piringan cakram rem secara bersamaan. Hal inilah yang menimbulkan bunyi.

4. Minyak rem terus berkurang

Kampas Rem Habis? Yuk Kenali Ciri-Cirinya! Unplash/Chinmay Jade

Ciri-ciri lainnya adalah terjadinya penurunan minyak rem. Penurunan tersebut dapat dilihat ketika ada rembesan ataupun tetesan minyak rem.

Hal tersebut bukan berarti bocor, namun karena kampas rem sudah habis. Jika sudah mengganti kampas rem, maka minyak kembali normal.

5. Adanya serbuk kampas

Kampas Rem Habis? Yuk Kenali Ciri-Cirinya! Unplash/James perez

Adapun ciri selanjutnya adalah, adanya serbuk kampas yang berada di velg bagian dalam, terutama di daerah sistem pengereman.

Jika sudah pada tahap ini, maka yang harus dilakukan adalah segera mengganti kampas rem, supaya tidak terjadi masalah yang lain.

Baca Juga: Jangan Asal Mengerem Saat di Tikungan, Ini Triknya

Topic:

  • Dwi Agustiar

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 17:20:40

Progress: 312.552 dari 813.350 TPS (38.42774%)

Just For You