Comscore Tracker

3 Efek Buruk Merokok di Dalam Mobil

Bisa membahayakan kesehatan

Jakarta, IDN Times - Banyak kebiasaan pengemudi yang secara tidak disadari ternyata membahayakan dirinya sendiri dan penumpang. Salah satu kebiasaan tersebut adalah merokok di dalam mobil.

Selain bisa menganggu konsentrasi, merokok di dalam mobil juga bisa berakibat buruk pada banyak hal. Berikut beberapa efek negatif merokok di dalam mobil.

1. Meninggalkan bau tak sedap

3 Efek Buruk Merokok di Dalam MobilUnsplash/Gil Ribeiro

Banyak yang gak sadar kalau asap rokok bisa bertahan dan menempel lama di jok dan dashboard mobil. Asap tersebut menimbulkan bau tak sedap khas nikotin yang akan sangat mengganggu. Selain itu asap rokok juga bisa menimbulkan bercak kuning pada beberapa bagian mobil.

Baca Juga: Tips Membuat Kabin Mobil Selalu Wangi dan Segar

2. Sirkulasi terpapar nikotin

3 Efek Buruk Merokok di Dalam MobilUnsplash/Josh Kahen

Selain menibulkan bau tak sedap, asap rokok juga bisa membuat mengendap di dalam sistem sirkulasi AC, sehingga udara yang tersembur dari AC akan bercampur dengan nikotin. Semburan udara yang terpapar nikotin ini bisa membahayakan kesehatan.

Membersihkan efek nikonin pada sirkulasi AC itu gak gampang, bahkan bau rokok tidak serta merta hilang meski kamu telah mengganti filter AC.

3. Jok tersundut rokok

3 Efek Buruk Merokok di Dalam MobilUnsplash/Philippe Goulet

Risiko lain yang bisa terjadi jika kamu sering merokok di dalam mobil adalah tersundutnya jok atau dashboard mobil. Kalau sudah begitu, bagian yang tersundut bara roko pasti akan meniggalkan bekas yang gak gampang dihilangkan.

Kalau sudah begitu, ditambah aroma rokok yang mengendanap di dalam kabin, menjual mobil pasti akan lebih susah. Karena itu sebisa mungkin jangan merokok di dalam mobil, ya!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya