Comscore Tracker

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil 

Siapa menyangka arang dan kopi ampuh mengusir bau rokok

Jakarta, IDN Times - Selain bisa mengganggu kesehatan, asap rokok juga bisa menimbulkan bau tak sedap di dalam kabin mobil. Bau tersebut bisa bertahan begitu lama sehingga menjadi sangat sulit dihilangkan.

Karena itu sebisa mungkin jangan merokok di dalam mobil. Akan lebih baik jika kamu tidak merokok di manapun. Tapi, kalau kabin sudah terlanjur terpapar asap rokok, masih ada cara untuk menyegarkannya kembali.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Gunakan bubuk kopi

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil Kopi diyakini memiliki efek menyehatkan (IDN Times/Umi Kalsum)

Bubuk kopi terbukti ampuh menyerap bau rokok yang sangat menyengat. Cara menggunakannya mudah. Kamu hanya perlu menyebarkan bubuk kopi di karpet atau jok mobil. 

Agar tidak berantakan, gunakan wadah dan diamkan semalaman. Gunakan bubuk kopi di saat mobil sedang tidak digunakan. Letakkan bubuk kopi secara menyeluruh agar bau menyengat dapat terserap secara sempurna.

Baca Juga: 5 Pilihan Mobil Bekas Terbaik, Cocok Buat Jadi Mobil Pertamamu! 

2. Kamu juga bisa menggunakan cuka

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil davidsuzuki.org

Selain bubuk kopi, kamu juga bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan bau asap rokok di dalam kabin mobil. Sebab cuka ampuh menyerap aroma asap rokok dalam waktu singkat.

Cukup teteskan cuka di wadah terbuka dan letakkan di beberapa bagian mobil. Biarkan selama tiga hingga empat jam dan tutup mobil agar baunya terserap.

3. Kulit jeruk

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil pixabay.com

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk menghilangkan bau asap rokok. Ruang dalam kabin tidak hanya bebas dari bau asap rokok, tetapi juga menjadi lebih wangi.

Caranya adalah letakkan kulit jeruk di beberapa titik seperti di atas dashboard dan jok depan, tengah, hingga belakang. Biarkan hingga beberapa hari sampai kulit jeruk kering dan ganti yang baru.

4. Arang bisa jadi solusi terbaik

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil molekule.com

Cara terakhir untuk mengusir bau asap rokok adalah dengan menggunakan arang. FYI, arang telah digunakan untuk menghilangkan kelembaban dalam ruangan sejak zaman dahulu.

Arang akan menyerap kelembaban dan bau tak sedap secara perlahan. Karena bentuknya yang padat, benda ini tidak akan mengotori setiap bagian kabin. Letakkan arang di beberapa sudut kabin dan tunggu hingga baunya mulai hilang.

Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: Harga Honda Freed Bekas, Masih Jadi Primadona Mobil Keluarga

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya