Comscore Tracker

3 Tanda Kampas Rem Mulai Menipis

Mengabaikan kampas rem bisa berakibat sangat fatal

Jakarta, IDN Times - Banyak kecelakaan dipicu karena rem blong. Padahal rem blong bisa dihindari kalau pengendara peka pada kondisi rem mobilnya. Sebab rem itu gak mungkin mendadak blong begitu saja. Pasti ada gejala atau tanda-tanda sebelum rem benar-benar blong.

Nah, berikut beberapa tanda kalau kampas rem mobilmu sudah mulai menipis. Kalau kamu merasakan tanda-tanda ini, sebaiknya segera cek ke bengkel. Sebab mengabaikan tanda-tanda ini bisa berakibat fatal.

1. Rerforma rem menurun

3 Tanda Kampas Rem Mulai MenipisUnplash/James perez

Kalau kamu sudah menginjak pedal rem tapi laju mobil tidak langsung melambat, bisa jadi itu pertanda kampas rem sudah mulai tipis. Sebab kampas rem yang masih tebal pasti akan responsif begitu pedal rem diinjak.

Sehingga, jika kamu harus menginjak pedal rem lebih dalam dari biasanya, itu berarti kamu harus segera ke bengkel untuk mengecek kondisi kampas remmu. Jika kampas tersebut sudah tipis, lekas ganti dengan yang baru.

Baca Juga: 5 Tips Biar Rem ABS Berfungsi Maksimal

2. Terdengar suara gesekan logam

3 Tanda Kampas Rem Mulai MenipisUnsplash/Yash savla

Pertanda lain rem kampas sudah habis adalah terdengarnya suara gesekan logam setiap kali pedal rem diinjak. Suara tersebut berasal dari tatakan kampas rem dengan piringan cakram. Jika kondisi ini terus dibiarkan, tidak saja rem akan blong, tapi piringan cakram mobilmu pun berpotensi rusak.

3. Minyam rem berkurang

3 Tanda Kampas Rem Mulai Menipishyundaimobil.co.id

Indikasi lain kampas remmu mulai menipis adalah berkurangnya volume minyam rem. Kamu bisa mengecek volume minyak rem di tabung minyam rem di balik kap mobil. Jika volumenya di bawah garis minimal, berarti ada sesuatu yang salah dengan sistem pengereman mobilmu. 

Segera tambahkan minyam rem sampai batas maksimal di tabung minyam rem. Jika beberapa hari kemudian volumenya berkurang lagi, sebagiknya bawa mobilmu ke bengkel untuk dicek secara menyeluruh sistem pengeremannya.

Baca Juga: 3 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Rem Blong 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya