Comscore Tracker

Baru Saja Dirilis, Ini 3 Kelebihan SUV Keluarga The All New Audi Q3 

Dibanderol Rp777 Juta

Jakarta, IDN Times – PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia, meluncurkan The All New Audi Q3 secara virtual di tanah air pada Selasa (28/4). Kehadiran The All New Audi Q3 ini cukup mengejutkan karena saat ini wabah virus corona masih menjadi momok di masyarakat.

“Kami berharap kehadiran produk baru ini menjadi wujud optimisme kami terhadap industri otomotif Tanah Air sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan mobilitas yang pintar di tengah social distancing,” ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor.

All New Audi Q3 merupakan SUV keluarga namun berukuran kompak dengan kabin yang lapang. Audi mengklaim mobil ini juga sangat praktis namun powerful serta memberikan kenyamanan khas mobil Eropa.

1. Desain All New Audi Q3 lebih sporty

Baru Saja Dirilis, Ini 3 Kelebihan SUV Keluarga The All New Audi Q3 YouTube/Audi Indonesia

Versi baru Audi Q3 ini tampil lebih sporty dibandingkan pendahulunya. Lihat saja gril singleframe berdesain oktagon dengan aksen-aksen garis vertical plus lubang udara berukuran besar.

Grile gahar tersebut diapit lampu depan yang menyipit berteknologi LED dengan pencahayaan yang dapat beradaptasi sesuai kebutuhan pengendara.

Sementara jika dilihat dari samping, desain All New Audi Q3 terlihat sangat atletis. Kamu bisa merasakannya melalui garis bahu yang menghubungkan lampu depan dan belakang.

Kesan atletis semakin yang kental dengan desain kedua fender roda berwarna All New Audi Q3 yang berotot. Secara keseluruhan desain All New Audi Q3 terinspirasi dari DNA quattro milik Audi.

2. Interior sporty yang berorientasi pada pengemudi

Baru Saja Dirilis, Ini 3 Kelebihan SUV Keluarga The All New Audi Q3 YouTube/Audi Indonesia

Seperti desain eksterior, interior mobil ini juga memancarkan aura sporty yang sangat kental sekaligus nyaman. Audi mengklaim telah mendesain interior sedemikian rupa sehingga segala sesuatunya terlihat harmonis.

Kesan sporty antara lain bisa dilihat dari panel layar sentuh MMI dan tombol penyejuk kabin (AC) di bawahnya yang mengarah ke pengemudi. Yup, mobil ini memang driver oriented banget.

Selain itu mobil ini juga canggih. Lihat saja panel instrumen dan pusat kendali digital All New Audi Q3 yang kini menggunakan layar digital diagonal berukuran 12.3 inci yang menawarkan tiga pilihan tampilan terbaru.

Hebatnya lagi semua fungsi ini dapat dikendalikan melalui perintah suara yang dapat dioperasikan pengemudi melalui tombol multifungsi pada lingkar kemudi.

Kelebihan lain adalah keleluasaan dan kepraktisan kabin. Dibandingkan pendahulunya, All new Audi Q3 memiliki dimensi yang lebih besar dengan panjang 4.484 mm, lebar 1.849 mm, dan tinggi 1.585 mm dengan antena di atap. Jarak sumbu roda (wheelbase) meningkat menjadi 2.680 mm atau memanjang 77 mm dibanding generasi Q3 lama.

Hal ini menjadikan ruang kabin lebih lapang tapi juga lebih praktis. Bahkan bangku bisa kamu geser maju-mundur hingga 150mm. Sementara kursi di baris kedua ini terbagi tiga bagian dengan komposisi 40:20:40.

Adapun kapasitas bagasi bisa mencapai 1.525 liter. Lantai bagasinya bahkan memiliki tiga tingkatan yang memungkinkan untuk menyimpan rak barang di bagian bawah lantai jika tidak diperlukan.

Opsi lain adalah pintu bagasi belakang elektrik yang dapat dibuka dan ditutup hanya dengan gerakan kaki.

3. Mesin powerful tapi efisien

Baru Saja Dirilis, Ini 3 Kelebihan SUV Keluarga The All New Audi Q3 YouTube/Audi Indonesia

All New Audi Q3 menggendong mesin TFSI 4-silinder 1,4 liter dengan turbocharger. Tenaga yang dihasilkan mencapai 150 hp pada 5.000–6.000 rpm dan torsi puncak 250Nm pada 1.500–3.500 rpm.

Semburan tenaga tersebut disalurkan ke sistem penggerak depan melalui transmisi otomatis S tronic 6-speed. Mesin ini tak hanya menyuguhkan performa yang istimewa, namun juga efisiensi bahan bakar yang mumpuni.

Audi mengklaim mobil ini dapat berakselerasi 0–100 km/jam dalam 9,2 detik dengan kecepatan puncak 204 km/jam. Konsumsi bahan bakar kombinasi yang dihasilkan mencapai 5,9 – 5,7 liter/100 km atau sekitar 16,9 – 17,5 km/liter.

The All New Audi Q3 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp.777 juta (off the road) dan tersedia dalam 7 pilihan warna, yaitu Pulse Orange, Ibis White, Chronos Grey, Floret Silver, Tango Red, Cosmos Blue dan Mythos Black.

Baca Juga: Mencicipi Sensasi VW Tiguan Allspace di Volkswagen Drive Festival

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya