Comscore Tracker

Calon Primadona MPV, Hyundai Staria Bakal Diproduksi di Indonesia?

Hyundai Filipina akan mengimpor Staria dari Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai, siap menggebrak dengan mobil keluarga terbaru mereka: Staria. Mobil berjenis multi purpose vehicle ini diprediksi akan hadir dalam dua varian, yakni Staria biasa dan Staria Premium.

Kabar kehadiran Staria bukan sekadar desas-desus. Sebab Hyundai telah menyebarkan teaser mobil ini. Bahkan desain Staria sudah dipatenkan, lho. Kabar baiknya, Staria kemungkinan akan diproduksi di Indonesia.

1. Informasi berawal dari Filipina

Calon Primadona MPV, Hyundai Staria Bakal Diproduksi di Indonesia?gaadiwaadi.com

Spekulasi Staria akan segera diproduksi bukan tanpa alasan. Sebab Hyundai kabarnya telah mematenkan nama Staria ke Direktorat Kekayaan Intelektual Filipina pada 1 Juni 2020. Tak hanya itu, Hyundai juga mendaftarkan Staria Premium pada 15 September 2020.

Dari sini kemudian muncul spekulasi dua varian Staria, yakni Staria biasa dan Staria Premium. Informasi lain juga menyebutkan Staria kemungkinan akan menjadi kendaraan listrik atau setidaknya hybrid.

Baca Juga: Hyundai Rilis Teaser Staria, Mobil Futuristik untuk Keluarga!

2. Staria akan diproduksi di Indonesia

Calon Primadona MPV, Hyundai Staria Bakal Diproduksi di Indonesia?gaadiwaadi.com

Informasi dari Filipina juga menyebutkan Staria akan diimpor dari Indonesia. Kabar ini masuk akal karena Hyundai saat ini sedang membangun pabrik perakitan mobil di Cikarang. Bahkan pengerjaan pabrik tersebut sudah hampir rampung.

Jika benar begitu, besar kemungkinan Staria akan menjadi mobil pertama yang diproduksi pabrik Hyundai di Cikarang. Wah, semoga ya.

3. Apa kata Hyundai Indonesia?

Calon Primadona MPV, Hyundai Staria Bakal Diproduksi di Indonesia?(Ilustrasi PT Hyundai Engineering & Construction) Yonhap

General Manager Marketing PT Hyundai Motors Indonesia, Astrid A. Wijana, mengatakan saat ini progres pembangunan pabrik di Cikarang sudah 80 persen. Ia menargetkan pabrik tersebut sudah bisa beroperasi pada akhir 2021.

"Produksi perdana pada akhir tahun ini," kata kepada IDN Times, Rabu (24/2/2021).

Sayangnya Astrid tak menyebutkan mobil apa yang akan menjadi debut pabrik Hyundai di Cikarang. Ia hanya memastikan mobil tersebut akan diproduksi akhir tahun ini. 

"Saya belum bisa bicara mobil apa yang akan diproduksi pertama, tapi kami sudah melakukan studi," katanya. Apa hasil studi tersebut? Tunggu saja akhir tahun nanti, ya!
 

Baca Juga: Pabrik Hyundai di Cikarang Selesai Akhir 2021, Apa Mobil Pertamanya?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya