Comscore Tracker

Heboh The All-New Nissan LEAF, Ini Semua Fakta di Baliknya!    

Akselerasi 0-100 km/jam hanya 7,9 detik

JAKARTA, IDN Times - The All-New Nissan LEAF resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (18/8/2021). Mobil bertenaga listrik 100 persen ini akan memulai era baru dalam elektrifikasi kendaraan di tanah air. 

"Kami percaya The All-New Nissan LEAF akan mengubah cara konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupannya,” kata Evensius Go, Presiden Direktur  PT Nissan Motor Distributor Indonesia, saat peluncuran The All-New Nissan LEAF secara virtual.

Apa saja kelebihan yang ditawarkan The All-New Nissan LEAF? Yuk, kita kupas tuntas di sini!

1. Baterai The All-New Nissan LEAF bergaransi 8 tahun

Heboh The All-New Nissan LEAF, Ini Semua Fakta di Baliknya!    www.nissan.ca

The All-New Nissan LEAF dibekali baterai lithium-ion 40 kWh yang bisa menempuh jarak hingga 311 km dalam sekali pengisian berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC). So, kalau jarak tempuh harianmu rata-rata 40 km, kamu hanya perlu mengisi baterai sekali saja dalam sepekan! 

Nissan juga memastikan baterai yang dibenamkan pada The All-New Nissan LEAF cukup berkualitas dan sudah terbukti aman. Mereka mengklaim The All-New Nissan LEAF telah digunakan sejauh 10 miliar kilometer oleh para penggunanya di seluruh dunia. Sejauh ini tidak ada permasalahan baterai yang serius.

Nissan juga mengklaim baterai The All-New Nissan LEAF sudah melalui uji banjir dan uji petir. Sehingga mereka berani memberikan garansi baterai hingga 8 tahun.

"Garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100 ribu km dan garansi baterai selama 8 tahun. Selain itu The All-New Nissan LEAF juga mendapatkan servis gratis selama 5 tahun atau 70 ribu km," kata Marketing Director NMDI Bagus Susanto.

Selain tangguh dan awet, baterai The All-New Nissan LEAF juga cukup praktis. Sebab baterai tersebut bisa diisi ulang dengan dengan pengisi daya Portable (3.3 Kw ) yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam.

Selain itu baterai tersebut juga bisa diisi ulang melalui daya Home Charger (AC 7.4 kw) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam. Jika tidak sempat diisi ulang di rumah, maka pengisiannya dapat dilakukan di SPKLU atau di diler terdekat yang menyediakan charging station.

Baca Juga: [BREAKING] The All New Nissan LEAF Resmi Meluncur, Ini Keunggulannya!

2. Akselerasi 0-100 km/jam hanya 7,9 detik

Heboh The All-New Nissan LEAF, Ini Semua Fakta di Baliknya!    Nissan The All-New LEAF (nissan.co.uk)

Selain ketangguhan baterai, kelebihan lain The All-New Nissan LEAF adalah tenaga motor listriknya yang setara supercar. Bayangkan saja, tenaga motor listrik mobil satu ini bisa menyeburkan tenaga hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dengan torsi maksimum 320 Nm!

Dengan tenaga sebesar itu, The All-New Nissan LEAF bisa melesat dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 7,9 detik saja. Sementara top speed-nya bisa tembus hingga 155 km/jam. Gokil banget, ya!

Selain motor listrik yang sangat bertenaga, desain The All-New Nissan LEAF yang sangat aerodinamis juga menjadikan mobil ini sangat stabil di kecepatan tinggi. Sehingga sangat fun to drive. Oya, desainnya juga sangat sporty, lho. 

3. Fitur kekinian yang berlimpah

Heboh The All-New Nissan LEAF, Ini Semua Fakta di Baliknya!    IDN Times/Yohanes Nugroho

Keunggulan lain yang ditawarkan The All-New Nissan LEAF adalah fitur canggih yang berlimpah, salah satunya adalah e-Pedal. Fitur ini memungkinkan pengendara hanya menggunakan satu pedal untuk berakselerasi, deselerasi, hingga berhenti.

Kalau dulu ada 'perang' antara pengguna tiga pedal (mobil manual) dengan pengendara dua pedal (mobil matic), kini ada satu pedal (The All-New Nissan LEAF). Tentu saja, dibandingkan tiga atau dua pedal, satu pedal pasti lebih praktis.

Fitur lainnya adalah Daytime Running Lights (DRL) berteknologi LED, setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit lengka dengan tombol multifungsi, panel instrument dengan layar 7 inci, serta kursi berlapis kulit alcantara yang mewah.

Sementara sistem infotainment menggunakan headunit layar sentuh 8 inci yang bisa terkoneksi dengan telepon melalui bluetooth. Ada juga fitur voice Command yang dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

4. Keamanan bintang lima

Heboh The All-New Nissan LEAF, Ini Semua Fakta di Baliknya!    Dok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Selain fitur-fitur canggih di atas, The All-New Nissan LEAF juga dilengkapi fitur keamanan untuk memastikan keselamatan pengendara dan penumpang. Berikut fitur-fitur keamanan yang ditawarkan The All-New Nissan LEAF:

·         Forward Collision Warning (FCW)
·         Forward Emergency Braking (FEB)
·         Intelligent Trace Control (ITC)
·         Vehicle Dynamic Control (VDC)
·         Hill Start Assist (HSA)
·         Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA)
·         Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD)
·         Driver Attention Alert (DAA)
·         Electronic Parking Brake (E-PKB)
·        ·Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag

Dengan fitur-fitur tersebut, tak mengejutkan jika mobil ini mendapat penghargaan peringkat keselamatan bintang 5 pada JNCAP (Japan New Car Assessment Program), Euro NCAP, Australia ANCAP dan US NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration).

5. Berapa harganya?

Heboh The All-New Nissan LEAF, Ini Semua Fakta di Baliknya!    Dok.IDN Times/Aditya Perdana Putra

The All-New Nissan LEAF ditawarkan dengan harga Rp649 juta untuk opsi one tone dan Rp651 juta untuk opsi dual tone. Harga tersebut adalah on the road Jakarta. Ada 11 warna, baik untuk opsi one tone maupun dual tone, yang bisa kamu pilih.

So,  tertarik hijrah ke mobil listrik?

Baca Juga: Ini 10 Kelebihan Nissan LEAF, Bakal Resmi Meluncur Hari Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya