Comscore Tracker

Hyundai Resmi Luncurkan Staria, Bukan MPV Biasa!

Mulai tersedia paruh kedua 2021

Jakarta, IDN Times - Hyundai Motor Company secara resmi mobil multi-purpose vehicle (MPV) terbaru mereka yang diberi nama Staria. Hyundai mengklaim mobil ini akan menjadi barometer baru di dunia MPV sekaligus mempelopori evolusi mobilitas.

“Kami sangat senang memperkenalkan Staria yang mewakili upaya terbaru kami mempelopori evolusi mobilitas dan memenuhi kebutuhan gaya hidup yang terus berkembang,” kata Thomas Schemera, Executive Vice President dan Global Chief Marketing Officer, saat peluncuran.

Staria akan mulai tersedia di pasar-pasar tertentu mulai paruh kedua 2021. Apa saja sih kelebihan mobil ini?

1. Desain Exterior terinspirasi dari pesawat luar angkasa

Hyundai Resmi Luncurkan Staria, Bukan MPV Biasa!Hyundai Motor Company

Desain eksterior Hyundai Staria sangat unik. Ketika pabrikan otomotif lain banyak bermain di desain bersudut, Hyundai justru menghadirkan desain yang mengalir --mereka terinspirasi dari kurva cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika dilihat dari luar angkasa. Hasilnya sebuah desain yang mengingatkan kita pada pesawa luar angkasa.

Layaknya MPV, kedua varian Staria hadir dengan kabin yang luas dan nyaman dengan nuansa futuristik yang kental. Fitur yang bisa kamu nikmati dari dalam kabin antara lain layar depan 10,25 inci, layar sentuh fascia bagian tengah, dan sebuah tuas pemindah gigi elektronik berbasis tombol. Oya, Staria juga menawarkan lampu mood ambient dengan 64 pilihan warna dan sound system Bose.

Selain itu juga terdapat ruang penyimpanan di beberapa titik, seperti bagian atas dari konsol overhead, bagian bawah cluster, serta bagian atas dan bawah fascia tengah. Baik para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

Bahkan pada varian Premium, mobil 7-seater ini dilengkapi dengan premium eelaxation seats di baris kedua yang dapat disandarkan secara elektronik dan juga dapat digeser agar mudah dijangkau atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan barang.

Mode relaksasi dengan satu sentuhan membuat kursi dapat bersandar secara otomatis ke posisi yang nyaman serta membagi berat penumpang dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Keren banget, ya!

STARIA tersedia hadir dalam varian standar dan premium. Ada delapan pilihan warna eksterior yang bisa kamu pilih, yaitu abyss black pearl, creamy white, graphite grey metallic, moonlight blue pearl, shimmering silver metallic, dynamic yellow, olivine grey metallic dan gaia brown pearl. 

Baca Juga: Hyundai Rilis Teaser Staria, Mobil Futuristik untuk Keluarga!

2. Fitur Cerdas untuk Keamanan dan Kenyamanan

Hyundai Resmi Luncurkan Staria, Bukan MPV Biasa!Hyundai Motor Company

Selain fitur-fitur kenyamanan, Staria juga dibekali banyak fitur keamanan, seperti 6 airbags, sabuk pengaman pada setiap kursi, forward collision avoidance assist (FCA) dan blind-spot collision-avoidance assist (BCA).

Ada juga fitur Safe Exit Assist (SEA) yang akan mencegah sliding door terbuka jika ada kendaraan melintas dari belakang. Fitur ini sangat berguna untuk keamanan penumpang dan pengendara.

Fitur canggih lainnya adalah kamera wide-angle yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang pada kursi belakang melalui tampilan layar. 

3. Staria mulai tersedia paruh kedua 2021

Hyundai Resmi Luncurkan Staria, Bukan MPV Biasa!Hyundai Motor Company

Staria hadir dengan dua pilihan mesin, yakni mesin diesel VGT 2.2 liter dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII.

Mesin diesel yang diperbarui dan digabungkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS dan torsi 44 kgf-m. Memiliki air-cooled turbocharger dengan efisiensi yang tinggi juga didukung oleh kompresor dan performa turbine wheel yang ditingkatkan untuk performa torsi kecepatan rendah yang lebih baik.

Sementara mesin bensin G6DIII 3,5-L MPI dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan-percepatan, sehingga menghasilkan estimasi output tenaga sebesar 272 PS dan torsi 33,8 kgf-m. Sistem manajemen termal yang terintegrasi memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar dengan mengoptimalkan kontrol suhu cairan pendingin sesuai dengan kondisi pengoperasian kendaraan. Lengan roller swing yang terintegrasi dapat membantu peningkatan efisiensi bahan bakar lebih jauh dengan mengurangi gesekan.

Mobil ini akan mulai didistribusikan pada paruh kedua 2021. Indonesia kemungkinan besar akan mendapatkan jatah. So, sabar ya guys! 

Baca Juga: Calon Primadona MPV, Hyundai Staria Bakal Diproduksi di Indonesia?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya