Comscore Tracker

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga Badak

Asyik banget buat diajak berpetualang

Jakarta, IDN Times - Mobil-mobil bergenre sport utility vehicle (SUV) memang asyik banget buat diajak blusukan. Sebab mobil jenis ini bisa melahap berbagai varian jalan, mulai dari aspal mulus, jalan berkerikil, hingga trek berlumpur.

Namun kebanyakan mobil SUV berbadan bongsor. Bodi besarnya membuat gerak mobil jenis ini menjadi kurang lincah. Sehingga kurang asyik diajak menerobos kemacetan. 

Selain itu kebanyakan SUV menggunakan mesin berkubikasi besar. Itu artinya kamu harus sering-sering melipir ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Nah, kalau kamu doyan bertualang tapi juga masih harus berkutat dengan kemacetan, kamu bisa melirik mobil berjenis compact SUV atau crossover.

Mobil jenis ini bisa diajak menerabas aneka jenis jalan layaknya SUV tapi tetap lincah di kemacetan. Selain itu juga pastinya lebih irit bahan bakar dibandingkan SUV.

Saat ini banyak mobil compact SUV atau crossover yang telah mengaspal di Indonesia, salah satunya adalah Chevrolet Trax.

Sejak diluncurkan pada Desember 2015, mini SUV Chevrolet ini langsung menyita perhatian. Sebab mobil ini desainnya keren banget. Fitur-fitur canggihnya juga berderet. Dan jangan lupa, mesin Chevrolet Trax telah dibekali turbo!

Saat ini Chevrolet Trax sudah mengalami facelift. Versi teranyar sekaligus tertinggi adalah Chevrolet Trax Premier. IDN Times sempat menjajal mobil ini pada Rabu (10/7).

Seperti apa impresi pertama, performa, keamanan, kenyamanan, serta kecanggihan mobil ini?

1. Desain yang mencuri perhatian

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Chevrolet Trax Premier dirilis pada Maret 2018. Jadi ini bukan mobil baru. Namun mobil satu ini selalu sukses mencuri perhatian di jalanan. Sebab ini bukan mobil sejuta umat.

Selain itu desain mobil ini juga kece banget. Lihat saja grill hitamnya yang cukup besar. Aura sporty jelas memancar dari sana.

Headlamp Trax juga sudah kekinian dengan hadirnya LED Daytime Running Light. Sementara garis-garis chrome dan logo Chevrolet menyiratkan kemewahan.

Namun bagian belakang mobil ini memang bukan selera semua orang, tapi kami menyukai LED tail laight yang cukup besar dan menawan.

Baca Juga: Ini 5 Fitur Keselamatan The New Chevrolet Trailblazer

2. Bodi kompak namun tebal

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Tak seperti kebanyakan mobil masa kini yang bodinya tipis-tipis, bodi Chevrolet Trax Premier justru tebal. Kamu bisa merasakan ketebalannya hanya dengan menekan sedikit bodi mobil ini.

Tentu saja, pelat bodi yang tebal akan menambah kepercayaan diri saat menyetir. Setidaknya bodi mobil ini tidak akan sobek hanya karena menyerempet pagar kayu tetangga.

Selain itu dimensinya juga kompak. Dengan bodi berukuran 4,248 x 2,035 x 1,674, Chevrolet Trax Premier asik buat diajak menerabas kemacatan.

3. Keyless bikin effortless

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Seperti mobil-mobil masa kini, Chevrolet Trax Premier juga sudah memilik fitur keyless. Jadi kamu gak perlu mencari-cari kunci untuk membuka pintu mobil ini.

Cukup kantongi remotenya lalu sentuhkan sedikit jarimu ke tombol kecil di handle pintu dan pintu akan segera terbuka. Menyenangkan, bukan?

Sementara untuk menghidupkan mobil, cukup injak pedal rem sambil menekan tombol start yang berada di sisi kiri setir.

4. Interior sporty dan mewah

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Tiga kata pertama yang muncul begitu melihat interior mobil ini adalah sporty, mewah, dan keren.

Kesan sporty muncul dari warna hitam yang mendominasi dashboard. Bahkan kursi depan mobil ini sudah berdesain bucket lho, sehingga duduk di atasnya serasa dipeluk.

Sementara kesan mewah memancar dari bahan soft touch yang tersebar di dashboard depan, lengkap dengan jahitan asli.

Aura kemewahan semakin terasa dengan hadirnya electronic sunroof. Chevrolet mengklaim Trax adalah satu-satunya compact SUV yang memiliki fitur sunroof.

Lalu headunit berukuran 7 inci yang tampak premium. Headunit ini ditemani 6 speaker yang kualitas audionya enak banget. Asyik buat menemanimu saat terjebak kemacetan.

Oya, headunit Chevrolet Trax Premier juga sudah mendukung fitur smortphone screen mirroring, USB/AUX-in serta ada fitur voice commandnya juga, loh.

5. Mesin ganas yang sangat responsif

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok.IDN Times/Agung Fatma

Chevrolet Trax Premier dibekali mesin ECOTEC 1.4L turbocharger dengan 6 transmisi percepatan otomatis dan ada mode manualnya.

Di atas kertas, mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 140PS dan torsi maksimalnya 200Nm. Tapi bagaimana realitasnya di jalan?

IDN Times menjajal akselerasi mobil ini di Jalan Tol Jagorawi yang kebetulan sedang sepi pada Rabu (10/7) siang.

Hasilnya, mobil ini tak memerlukan usaha ekstra untuk mencapai kecepatan 160km/jam. Ini berkat mesinnya yang sangat responsif, apalagi ketika turbonya mulai aktif pada sekitar 1.800-an rpm.

6. Kekedapan kabin cukup bagus

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Faktor lain yang menjadi nilai plus dari Chevrolet Trax Premier adalah kekedapan kabinnya. Pelat bodi yang tebal sepertinya menjadi salah satu faktor kenapa mobil ini begitu kedap.

Suara mesin hampir tak terdengar, bahkan ketika pedal gas diinjak hingga jarum rpm bergerak ke angka 3.000.

Hanya saja, saat dibawa melaju ke jalan tol, suara roda yang bergesekan dengan aspal masih ada yang menyusup masuk ke dalam kabin.

7. Stabil pada kecepatan tinggi

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Meski berdesain crossover, namun Chevrolet Trax tetap asik dibawa ngebut. Transmisi otomatis 6 speednya terasa begitu smart. Selain itu IDN Times juga tak merasakan gejala limbung pada kecepatan tinggi.

Fitur electronic stability control pada mobil ini juga bekerja optimal, sehingga kami cukup percaya diri saat melibas jalan menikung.

Oya, mobil ini juga telah dibekali fitur cruise control yang akan membuatmu semakin betah duduk berlama-lama di belakang setir.

So, untuk impresi berkendara, kami bisa bilang Chevrolet Trax ini sangat fun to drive!

8. Paling lengkap fitur keamanannya

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Dibandingkan rival-rival di kelasnya, Chevrolet Trax sepertinya memiliki fitur keamanan yang paling lengkap dengan 6 airbags, seat belt dengan pretensioner, rem ABS, EBD, dan PBA.

Selain itu Chevrolet Trax Premier juga telah dibekali fitur auto dimming pada spion tengah. Sehingga kaca spion tersebut akan otomatis meredup saat ada cahaya berlebih dari belakang. Keren, ya!

9. Asik buat melahap tanjakan terjal

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Tak hanya lincah di jalan beraspal, Trax juga asyik buat diajak naik turun gunung. IDN Times menjajal kemampuan mobil ini melahap tanjakan di Gunung Pancar, Bogor.

Kondisi jalan di sana cukup menanjak, beberapa bahkan cukup terjal dan berkerikil. Beberapa ruas jalan juga berlubang cukup dalam. Namun tak terlalu sulit bagi Trax untuk melahap tanjakan-tanjakan dan lubang-lubang tersebut.

Fitur-fitur seperti hill start asist dan hill descent controlnya sangat membantu melewati tanjakan dan turunan curam. Bisa dibilang, dengan Trax Premier, kamu bisa naik-turun gunung tanpa dihantui rasa was-was.

10. Lalu bagaimana kesimpulannya?

10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga BadakDok. IDN Times/Agung Fatma

Setelah menjajal sendiri Chevrolet Trax Premier, rasanya mobil satu ini sudah lebih dari cukup untuk diajak bertualang.

Tarikannya oke banget, kemampuannya melahap tanjakan dan turunan juga sudah terbukti, serta fitur-fitur keamanannya yang berderet.

Selain itu desainnya juga gak pasaran sehingga lebih berpeluang dilirik orang saat berhenti di lampu merah. 

So, kalau kamu masih millennials yang belum terlalu memerlukan banyak ruang untuk mengangkut barang, rasanya mobil ini layak banget kamu coba.

Baca Juga: Sejarah Panjang SUV Chevrolet, Ada yang Dianggap Mobil Dinas Agen CIA

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You