Comscore Tracker

4 Small SUV Ini Bakal Bersaing Sengit Setelah Wabah Corona Mereda 

Salah satunya Toyota Raize

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona memukul dunia otomotif dengan sangat keras. Berbagai pemeran dibatalkan dan bahkan penjualan mobil di tanah air pada April lalu anjlok hingga 90,6 persen.

Namun keterpurukan dunia otomotif diprediksi tidak akan berlangsung lama. Sebab berbagai pabrikan kini telah siap untuk bangkit lagi. Sehingga, begitu wabah corona mereda, pasar otomotif akan kembali riuh.

Nah, berikut empat mobil Sport Utility Vehicle yang kemungkinan besar akan bersaing ketat begitu wabah corona mereda.

1. Toyota Raize

4 Small SUV Ini Bakal Bersaing Sengit Setelah Wabah Corona Mereda car250.com

Toyota Raize telah diluncurkan di Jepang pada November 2019. Mobil ini laku 7.484 unit pada bulan pertama penjualannya.

Desain yang ciamik serta performa yang di atas rata-rata menjadikan Raize primadona baru di dunia SUV. Selain itu, meski tergolong SUV, namun Raize tetap praktis.

Ini berkat dimensinya yang tak sampai 4 meter, yakni panjang 3.995 mm, lebar 1.695, dan tinggi 1.620 mm, serta ground clearance 185 mm.

Kelebihan lain, mobil ini telah dilengkapi mesin turbo yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Menariknya, mobil ini mempunyai dua pilihan sistem penggerak untuk mengeluarkan tenaga tersebut, yakni adanya output ke roda depan (FWD) atau keempat roda (4WD).

2. Daihatsu Taft terbaru

4 Small SUV Ini Bakal Bersaing Sengit Setelah Wabah Corona Mereda carstuff.com.tw

Daihatsu Taft sebenarnya bukan nama asing. Sebab nama Taft sudah lama berkibar di dunia otomotif, termasuk di tanah air. Namun Taft terbaru ini agak berbeda.

Jika Taft versi lawas terlihat gagah, maka Taft terbaru ini dibilang imut. Dimensinya hanya 3.395mm (panjang) X 1.475 mm (lebar) X 1.630mm (tinggi). Di Jepang, mobil ini masuk dalam kategori Kei Car.

Meski begitu mobil ini dibekali sederet fitur canggih, seperti rem parkir elektrik with auto hold, keyless entry, engine start stop button, cruise control, hingga pemanas kursi.

3. Suzuki Jimny

4 Small SUV Ini Bakal Bersaing Sengit Setelah Wabah Corona Mereda IDN Times/Dwi Agustiar

Mobil satu ini sudah cukup lama beredar. Namun kapasitas produksi yang terbatas membuat populasi Jimny teranyar ini masih sangat sedikit.

Padahal peminatnya membludak, loh. Di Indonesia, peminat mobil ini harus menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Sebab antreannya memang mengular panjang.

Kelebihan Jimny, selain desainnya yang keren banget, juga ada di sektor mesin yang sangat tangguh dan kemampuannya melewati medan offroad.

Desain interior mobil ini juga oke banget, mencerminkan mobil spartan yang siap diajak menembus segala medan jalan.

4. Honda ZR-V

4 Small SUV Ini Bakal Bersaing Sengit Setelah Wabah Corona Mereda kapook.com

Honda saat ini kabarnya tengah menggodok satu SUV baru yang konon akan dinamai ZR-V. Belum ada informasi detil mengenai mobil ini. Hanya saja ZR-V kemungkinan besar akan diposisikan sebagai small SUV.

Ada spekulasi yang menyebutkan ZR-V akan menggunakan platform Honda Brio generasi kedua. Jika benar begitu, maka ZR-V dipastikan akan berada di bawah HR-V.

So, kita tunggu saja kehadiran ZR-V

Baca Juga: Toyota Raize Laku Keras di Jepang, Ini Alasannya!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya