Comscore Tracker

Tips Membeli Mobil Bekas, Biar Gak Merongrong Tabungan

Mobil bekas memang lebih murah, tapi ada risikonya

Jakarta, IDN Times - Membeli mobil bekas memang bisa jadi alternatif buat kamu yang merasa harga mobil baru terlalu mahal. Sebab harga mobil bekas pasti jauh lebih murah dari mobil baru.

Tapi jangan sampai memilih mobil bekas ya. Sebab, jika sampai salah memilih, bisa-bisa kamu akan keluar duit lebih banyak. Beberapa masalah ditemukan pada mobil bekas, mulai dari surat-surat yang gak lengkap hingga kerusakan yang tak diinfokan.

Nah, berikut empat hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah memilih mobil bekas dari Carro Indonesia.

1. Riset dulu

Tips Membeli Mobil Bekas, Biar Gak Merongrong TabunganIlustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas, kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan survei. Pertama, cari tahu harga pasar mobil bekas yang kamu taksir dan coba membandingkan dengan kandidat lainnya demi mendapatkan harga terbaik.

Selain itu, jangan lupa juga mencari tahu informasi terkait sang penjual mobil bekas. Cari tahu rekam jejak transaksinya dan baca testimoni dari pelanggan-pelanggan yang pernah membeli mobil darinya. 

Selain itu riset juga harga spare part dan ketersediaan cuku cadang mobil incaranmu. Kamu bisa melakukannya di marketplace. Pastikan harga suku cadang dan ketersediaannya terjamin. Sebab pasti akan ada perbaikan yang harus kamu lakukan setelah membeli mobil bekas.

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Terbaik Buat Jadi Mobil Pertamamu 

2. Pastikan surat-surat lengkap

Tips Membeli Mobil Bekas, Biar Gak Merongrong TabunganIbid Astra

Setelah melakukan survei, kamu akan bertemu dengan penjual mobil bekas. Di sinilah kesempatan untuk mengecek dokumen kepemilikan dari mobil bekas yang akan Anda beli.

Pastikan STNK dan BPKB dari mobil bekas itu asli dan nama yang tertera sesuai dengan pemiliknya. Pastikan juga nama pemilik di STNK dan BPKB sama. Selain itu, pastikan pula kewajiban pajak yang di bayar tepat waktu oleh sang pemilik sebelumnya. 

Jangan lupa juga cek ketersediaan asuransi dari mobil bekas tersebut. Cek apakah pemilik lama menggunakan asuransi terhadap mobil bekas tersebut dan jika iya, pastikan asuransinya masih berlaku.

3. Cek kondisi mobil

Tips Membeli Mobil Bekas, Biar Gak Merongrong TabunganDok. IDN Times/Istimewa

Sebelum memutuskan membeli mobil bekas, pastikan kamu telah mengecek kualitas mobil tersebut. Cara pertama adalah dengan mengecek kondisi dan kelengkapan komponen yang ada di interior dan eksterior mobil.

Untuk interior, pastikan AC, lampu, head unit, speedometer hingga wiper berfungsi dengan baik. Pada bagian eksterior, Anda bisa memastikan kerusakan (baret, penyok) jika memang ada dan seberapa parahnya.

Lalu, pastikan juga lampu mobil, baik depan maupun belakang, masih menyala dengan terang. Jangan lupa juga untuk cek seluruh kompartemen mesin mobil, pastikan semua berfungsi dengan baik.  

Kamu bisa menggunakan jasa inspector mobil. Dengan begitu risiko mendapatkan mobil bermasalah bisa diminimalisasi.

4. Gunakan platform jual beli mobil terpercaya

Tips Membeli Mobil Bekas, Biar Gak Merongrong TabunganDok IDN Times/Soulmate Auto

Kalau kamu gak mau merepot saat mencari mobil bekas, kamu bisa mencari mobil bekas di platform mobil bekas terpercaya, seperti CARRO. Sebab mobil-mobil bekas yang dijual CARRO dijamin legal dan berkualitas. Selain CARRO ada beberapa platform mobil bekas lainnya yang terpercaya. So, selamat berburu mobil bekas!

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Bergaya Retro Cuma Rp20 Jutaan

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya