Comscore Tracker

Citroen AMI, Mobil Listrik Calon Penantang Wuling Air ev di Indonesia

Desainnya imut banget

Jakarta, IDN Times - Citroen secara resmi meramaikan lagi pasar otomotif Indonesia lewat Indomobil Group. Pada seremoni kembalinya pabrikan asal Prancis itu ke Indonesia (4/10/2022), Citroen juga sekaligus memperkenalkan produk-produknya untuk Indonesia nanti.

Setidaknya, ada empat model mobil yang dipamerkan oleh Citroen kemarin. Dua mobil konvensional, dan dua lagi mobil bertenaga listrik. Salah satu mobil listriknya ini bisa dibilang punya desain yang kompak dan nyentrik, yang bernama Citroen AMI.

1. Citroen AMI bisa menjadi pesaing Wuling Air ev

Citroen AMI, Mobil Listrik Calon Penantang Wuling Air ev di IndonesiaCitroen AMI calon pesaing Wuling Air ev (Citroen)

Kalau dilihat dari desain dan bentuknya yang mungil, rasanya Citroen AMI ini bisa menjadi rival dari Wuling Air ev yang baru dijual di Indonesia.

Walaupun, secara spesifikasi sebenarnya Citroen AMI masih jauh di bawah Wuling Air ev. Motor listriknya bertenaga 6 kW (8 dk) dengan torsi 625 Nm. Sementara jarak tempuhnya hanya sekitar 75 kilometer dari baterai penuh sampai habis, dengan baterai lithium-ion berkapasitas 5,5 kWh.

Baca Juga: Citroen Mulai Jual Mobil Listrik Imut Ami Buggy, Desainnya Bikin Gemas

2. Citroen pernah punya AMI edisi khusus

Citroen AMI, Mobil Listrik Calon Penantang Wuling Air ev di IndonesiaCitroen My Ami Buggy ludes terjual kurang dari 20 menit (Citroen)

Pada Juni 2022 kemarin, Citroen sempat merilis My AMI Buggy, sebuah edisi khusus dari Citroen AMI. My AMI Buggy menggunakan atap dari kanvas yang bisa dibuka-tutup, pelek kaleng, dan pintu yang terbuat dari pipa tubular.

Mobil ini habis terjual hanya dalam waktu kurang dari 20 menit, tepatnya 17 menit dan 28 detik saja. Bahkan pelanggan pertamanya sudah melengkapi proses pemesanan online hanya dalam waktu dua menit dan 53 detik. Tapi harus diingat, mobil ini dibuat dalam edisi terbatas, yaitu 50 unit saja dan cuma ditawarkan di Prancis.

3. Citroen AMI akan dijual di Indonesia?

Citroen AMI, Mobil Listrik Calon Penantang Wuling Air ev di IndonesiaTampilan Citroen AMI kompak dan unik (Citroen)

Menurut Vincent Cobee selaku CEO Citroen, mobil listrik mungil ini memang dibuat sebagai kendaraan listrik kompak yang bisa dicas dengan mudah di rumah. Dan menurut dia, faktanya peminat dari Citroen AMI ini bukan cuma dari Eropa tapi dari negara-negara lainnya juga.

"Citroen AMI ini dibuat untuk menunjukkan satu hal, tidak ada batasan kreativitas dan inovasi. Kalau besok peminatnya banyak di Indonesia, akan kita bicarakan lagi (soal kemungkinan dijualnya AMI di Indonesia)," kata Vincent Cobee saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat (4/10/2022).

Baca Juga: Citroen Siapkan Dua Mobil di Bawah Rp300 Juta Selain C3

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya