Comscore Tracker

Fungsi dan Cara Kerja Defogger Mobil, Sudah Tahu Belum?

Fungsinya penting banget saat musim hujan!

Jakarta, IDN Times - Defogger memang menjadi salah satu fitur standar yang biasanya disematkan oleh pabrikan mobil, walaupun gak semua mobil punya fitur ini ya. Fitur defogger sendiri sering disunat karena dianggap gak terlalu penting untuk pasar Indonesia.

Padahal kenyataannya defogger ini sangat membantu saat di musim hujan ataupun saat sedang melakukan perjalanan ke tempat dengan cuaca dingin. Mungkin masih banyak dari kamu yang belum tahu dengan kegunaan defogger pada mobil, yuk kita kupas lebih lanjut.

1. Fungsi defogger di mobil

Fungsi dan Cara Kerja Defogger Mobil, Sudah Tahu Belum?Ilustrasi hujan (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Seperti namanya, defogger ini berfungsi sebagai penghilang embun yang menempel di kaca mobil. Kondisi kaca mobil berembun memang biasanya terjadi karena adanya perbedaan suhu kabin dengan lingkungan sekitar. Jadi saat udara lingkungan sekitar lebih dingin daripada di dalam kabin, embun akan gampang muncul.

Saat ada embun di kaca belakang mobil tentunya sangat mengganggu visibilitas pengemudi. Nah, dengan adanya fitur defogger maka embun di kaca belakang akan secara otomatis menguap. Oh iya, di beberapa mobil defogger ini gak cuma ada di kaca belakang, tapi di kaca depan juga ada.

Baca Juga: Etika Menggunakan Lampu Jauh, Jangan Asal Sorot

2. Cara kerja defogger mobil

Fungsi dan Cara Kerja Defogger Mobil, Sudah Tahu Belum?Youtube.com/Manystories

Cara kerja dari defogger mobil ini sebenarnya cukup simpel, kalau kamu perhatikan di kaca belakang mobil yang punya fitur ini biasanya terlihat garis-garis horizontal yang melintang dari kedua sisi kaca.

Garis-garis tersebut sebenarnya merupakan kawat tipis, yang berfungsi sebagai kondensator panas. Dengan begitu embun yang menempel di kaca mobil pun bisa menguap dengan cepat.

Beda lagi dengan defogger di kaca depan, kalau pakai model yang sama dengan kaca belakang tentunya garis-garis itu akan sangat mengganggu pandangan. Jadi pada defogger depan cara kerjanya melalui hembusan AC lewat ventilator khusus.

3. Cara mengaktifkan defogger mobil

Fungsi dan Cara Kerja Defogger Mobil, Sudah Tahu Belum?yourmechanic.com

Terakhir cara menggunakan defogger di mobil sebenarnya gampang banget, tinggal menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang biasanya ada di dekat tombol AC.

Biasanya defogger akan secara otomatis mati, tapi harus diingat gak semua mobil sudah dilengkapi dengan arus pemutus otomatis. Ada mobil yang harus memencet tombol defogger lagi untuk menonaktifkannya.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Lampu Kabut Harus Berwarna Kuning

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya