Comscore Tracker

Spesifikasi Mobil Listrik Mercedes-Benz, Punya Jarak Tempuh 770 km

Jadi mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Seperti yang diberitakan pada artikel sebelumnya, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBD) hari ini resmi merilis dua model kendaraan listriknya yang termasuk ke dalam jajaran Mercedes EQ. Mobil yang diluncurkan ialah Mercedes-Benz EQE dan EQS. Keduanya menjadi mobil listrik pertama yang diluncurkan Mercedes-Benz di Tanah Air.

Dari banderolnya, Mercedes EQ ditawarkan dengan harga mulai Rp2.215 miliar untuk EQE 350+ Electric Art Line, Rp2.984 miliar untuk EQS 450+ Electric Art Line, dan Rp3.410 miliar untuk EQS 450+ AMG Line. Semuanya merupakan harga off the road. Nah, salah keunggulan mobil listrik dari Mercedes EQ ialah jarak tempuhnya yang mampu mencapai 770 km dalam sekali pengecasan. Berikut perbedaan utama kedua mobil listrik mewah tersebut.

1. Perbedaan eskterior dan interior

Spesifikasi Mobil Listrik Mercedes-Benz, Punya Jarak Tempuh 770 kmBuritan Mercedes Benz EQS AMG Line (IDN Times/Fadhliansyah)

Sebelumnya, harus diketahui kalau EQE 350+ memiliki satu varian Electric Art Line, sementara EQS 450+ memiliki varian Electric Art Line dan juga AMG Line. Tentu saja, varian AMG Line akan memiliki desain eksterior dan interior yang lebih sporty kalau dibandingkan varian Electric Art Line yang terkesan lebih elegan dan mewah. Pada bagian eksterior memang AMG Line memiliki desain pelek dan bodykit yang lebih agresif dibandingkan Electric Art Line.

Sementara dari interiornya, semua mobil listrik Mercedes EQ memang punya tampilan yang futuristik dan modern banget. Tapi pada EQS 450+ AMG Line, disematkan The New MBUX Hyperscreen yang menggabungkan panel instrumen dengan head unit menjadi satu panel utuh dengan total lebar mencapai 141 cm. MBUX Hyperscreen ini lebarnya hampir menyentuh pilar A sebelah kiri sampai kanan mobil.

Baca Juga: Mobil Listrik Mercedes-Benz Debut di Indonesia, Harga Mulai Rp2 M

2. Perbedaan motor listrik dan kapasitas baterai

Spesifikasi Mobil Listrik Mercedes-Benz, Punya Jarak Tempuh 770 kmThe New MBUX Hyperscreen (IDN Times/Fadhliansyah)

Kalau dari sisi motor listriknya, Mercedes-Benz EQE 350+ yang dihadirkan memiliki tenaga setara 292 dk dan torsi puncak 565 Nm. EQE 350+ juga menggendong baterai berkapasitas 90 kWh yang bisa dipakai untuk menempuh jarak sekitar 673 km dalam sekali pengecasan.

Sementara EQS 450+, punya motor listrik dengan tenaga yang lebih buas mencapai 333 dk dengan kapasitas baterai yang juga lebih besar, yaitu 108 kWh. Dengan baterai tersebut, EQS 450+ bisa dipakai menempuh jarak sampai 770 km dalam sekali pengecasan. Hal ini, membuat EQS 450+ menjadi mobil listrik dengan jarak tempuh paling jauh di Indonesia pada saat ini.

Baca Juga: Mobil Listrik Mercedes-Benz Lakoni Debut di RI Pekan Depan

3. Mercedes-Benz akan luncurkan tiga mobil listrik lagi

Spesifikasi Mobil Listrik Mercedes-Benz, Punya Jarak Tempuh 770 kmMercedes-Benz EQE 350+ (IDN Times/Fadhliansyah)

Oya, setiap pembelian mobil listriknya ini. Mercedes-Benz akan memberikan garansi baterai selama 10 tahun atau 250 ribu km, tergantung mana duluan yang tercapai. Pemesanan mobil listrik ini sudah bisa dilakukan, dan pengiriman unit ke konsumen akan dimulai pada awal tahun depan.

Menariknya, Choi Duk Jun, President Director MBDI di tengah-tengah peluncuran EQE dan EQS menyebut kalau MBDI akan membawa tiga model mobil listrik lain pada tahun depan. "Sehingga totalnya akan ada 5 model Mercedes EQ yang kita punya tahun depan," kata Choi Duk Jun.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya