Comscore Tracker

Waspada! Ini 5 Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Jangan sampai mobil kesayangan hangus dilalap api

Jakarta, IDN Times - Insiden mobil yang terbakar saat sedang parkir atau digunakan memang bisa menimpa siapa saja dan terjadi kapan saja.

Kalau sudah begitu, pemilik mobil pastinya mengalami kerugian besar. Apalagi kalau mobil sampai habis terbakar dan tidak di-cover asuransi.

Oleh sebab itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui apa saja penyebab terjadinya kebakaran pada mobil. Dengan begitu, kamu bisa melakukan langkah pencegahan biar hal itu enggak menimpa kamu.

Penyebab kebakaran pada mobil sebenarnya enggak jauh berbeda dengan penyebab kebakaran pada sepeda motor.

1. Kecelakaan

Waspada! Ini 5 Penyebab Mobil Bisa TerbakarIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kecelakaan lalu lintas bisa menjadi salah satu penyebab mobil bisa terbakar, karena ketika kecelakaan banyak komponen mobil yang mengalami kerusakan. Misalnya saking parahnya kecelakaan sampai membuat tangki bensin mobil bocor.

Kemudian, bensin yang bocor bisa saja terkena percikan api yang berasal dari mesin atau pengapian, hal ini pun kemungkinan besar akan menyebabkan kebakaran.

Makanya kalau terjadi kecelakaan dan masih bisa menyelamatkan diri, cepat-cepat menjauh dari mobil sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Overheat

Waspada! Ini 5 Penyebab Mobil Bisa Terbakarsundevilauto.com

Penyebab berikutnya adalah karena mesin mobil yang terlalu panas atau overheat. Hal ini biasanya terjadi saat kamu terjebak kemacetan atau melakukan perjalanan jarak jauh, yang membuat kinerja mesin jadi lebih berat.

Penyebab overheat sendiri sebenarnya bermacam-macam, tetapi biasanya berasal dari sistem pendinginan mobil yang enggak bekerja dengan baik atau mengalami kerusakan.

Mobil overheat yang dipaksakan jalan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin, bahkan paling parahnya bisa membuat mobil sampai terbakar.

Baca Juga: Mobil-mobil Ini Harga Bekasnya Terjun Bebas

3. BBM dan oli

Waspada! Ini 5 Penyebab Mobil Bisa TerbakarANTARA FOTO/Reno Esnir

Selain BBM, oli juga menjadi salah satu material yang mudah terbakar. Makanya bukan enggak mungkin oli bisa menyebabkan mobil kamu terbakar.

Kebocoran BBM dan oli di mobil bisa saja mengenai bagian mesin yang panas, hal ini yang memicu terbakarnya mobil.

Kalau kebocoran BBM biasanya karena kerusakan pada tangki bensin. Sementara kalau oli, kebocoran banyak terjadi cuma karena kurang rapat menutup tutup oli. Tutup oli yang kendur lama-lama bisa membuat oli keluar dan mengenai mesin mobil.

4. Menaruh benda-benda yang mudah terbakar

Waspada! Ini 5 Penyebab Mobil Bisa Terbakarilustrasi korek gas (pexels.com/martproduction)

Saat parkir mobil di bawah terik matahari, kamu harus memperhatikan kondisi di dalam kabin.

Cek lagi apakah ada barang-barang yang mudah terbakar di dalam kabin. Karena bukan enggak mungkin barang-barang seperti powerbank atau korek gas yang ditinggal di dalam kabin tiba-tiba meledak atau terbakar.

Terutama, saat kamu sedang memarkir mobil di bawah terik matahari langsung, pastinya membuat suhu panas berlebih pada kabin.

5. Modifikasi dan masalah pada kelistrikan

Waspada! Ini 5 Penyebab Mobil Bisa TerbakarUnsplash/Julian Klumpers

Melakukan modifikasi di mobil sebenarnya sah-sah saja, selama pemasangannya benar dan sesuai dengan spesifikasi mobil. Tapi kalau kamu memodifikasi dengan asal-asalan, terutama pada bagian kelistrikan, korsleting bisa saja terjadi dan berujung pada kebakaran.

Modifikasi yang dimaksud di sini misalnya mengganti bohlam atau foglam dengan watt yang jauh lebih besar dari bawaan mobil, atau memasang sistem audio yang besar dengan pemasangan yang kurang rapi dan asal-asalan.

Baca Juga: Mobil-mobil Kloningan, Desainnya Mirip Banget Aslinya!

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya