Comscore Tracker

Mobil-mobil KW Ini Desainnya Mirip Banget Aslinya

Desain Mercedes Benz, Land Rover, hingga Porsche dicontek

Jakarta, IDN Times - Membuat mobil memang gak gampang. Bahkan untuk urusan desainnya saja membutuhkan beberapa orang ahli, seperti ahli aerodinamika, ahli desain, hingga ahli psikologi untuk memastikan bahasa desain mobil tersebut bisa diterima pasar.

Gak mengherankan jika kemudian banyak mobil yang sengaja dibuat mirip dengan mobil yang sudah terkenal. Kebanyakan kasus plagiarisme desain mobil ini terjadi di China. Dan mobil-mobil yang dijiplak adalah mobil papan atas seperti Mercedes Benz dan Roll Royce.

Nah, berikut mobil-mobil bikinan pabrikan China yang desainnya mirip banget dengan aslinya.  

1. Baic BJ80,

Mobil-mobil KW Ini Desainnya Mirip Banget Aslinyai.ytimg.com

Jika dilihat secara sekilas, desain mobil di atas mirip banget dengan Mercedes-Benz G-Class. Jika dilihat secara detail, ternyata memang mirip. Tapi mobil tersebut bukan saudara kandung Mercedes-Benz G-Class, melainkan jiplakannya.

Nama mobil tersebut adalah Baic BJ80. Mobil berpenggerak roda 4WD ini diperkenalkan pada 2016. Mobil ini menggunakan mesin turbodiesel empat silinder dengan pilihan transmisi manual dan matic.

Jika Mercedes-Benz G-Class dibanderol miliaran, maka Baic BJ80 hanya dibanderol sekitar Rp 500 jutaan.

Baca Juga: 5 Mobil Terlaris Daihatsu Sepanjang Januari-Agustus 2021

2. Baic BJ90

Mobil-mobil KW Ini Desainnya Mirip Banget Aslinyachinapev

Selain menjipla desain Mercedes-Benz G-Class, Baic juga menyamai desain Jeep Grand Cherooke lewat mobil mereka yang diberi nama Baic BJ90. Mobil ini hadir dalam dua varian mesin, yakni 3000 cc (V6) dan 4000 cc (V8). Kedua varian tersebut dipadukan dengan transmisi matic 7 percepatan. SUV asal China ini dibanderol cukup mahal, yakni 800 ribu Yuan atau Rp Rp1,6 miliar

3. Geely GE

Mobil-mobil KW Ini Desainnya Mirip Banget Aslinyaautoevolution

Kalau mobil ini mirip banget dengan Porsche Cayenne keluaran tahun 2011. Mobil ini hadir dengan sistem penggeran roda 4WD dengan sistem transmisi manual dan matic. Mesin yang digunakan berkapasitas 2,0 liter yang bisa menghasilkan tenaga hingga 158 tenaga kuda. Mobil ini dijual dengan harga 20 ribu dolar AS atau setara Rp280 juta.

4. Mobil Land Wind X7

Mobil-mobil KW Ini Desainnya Mirip Banget Aslinyaistimewa

Yup! Mobil ini memang mirip banget dengan Land Rover Evoque. Lebih menyakitkan lagi, Land Wind X7 hanya dijual dengan harga Rp270 jutaan. Bandingkan dengan Land Rover asli yang dijual tak kurang dari satu miliaran. Gak mengherankan jika Land Rover kemudian berang.

Baca Juga: Daftar Mobil Terlaris Mitsubishi Sepanjang Agustus 2021

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya