Comscore Tracker

4 Mobil Compact SUV Paling Menggoda di Indonesia 

Tiga di antaranya sudah meluncur di tanah air

Jakarta, IDN Times - Mobil bergenre compact sport utility vehicle (SUV) mulai menyerbu pasar tanah air. Serbuan ini ditandai dengan hadirnya mobil kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Kedua mobil tersebut disambut pasar dengan sangat antusias. Wajar saja, sebab Rocky dan Raize dibekali fitur berlimpah namun dibanderol dengan harga yang relatif murah. Siapa yang gak ngiler, coba?

Tapi Raize dan Rocky tidak akan melenggang berdua saja di pasar compact SUV tanah air. Sebab ada beberapa mobil lain yang juga sudah dan akan terjun ke pasar ini. Berikut 4 mobil compact SUV yang diprediksi akan memainkan peran vital di tanah air.

1. Toyota Raize

4 Mobil Compact SUV Paling Menggoda di Indonesia Toyota Global

Lahir sebagai Compact SUV, tampilan luar dari Toyota Raize makin sporty. Pada bagian interior, Raize diberi sentuhan alumunium di bagian setir dan ventilas A/C.

Mobil ini memiliki spesifikasi mesin 3-silinder 1.0 liter yang sudah pasti irit untuk jalanan perkotaan. Untuk konsumsi BBM, sistem penggerak 2WD dengan 18,6 km/liter dan 4WD dengan 17,4 km/liter.

Mesin tersebut dapat memuntahkan tenaga 98 Ps dan torsi 140 Nm yang disalurkan melalui CVT dan transmisi manual 6-percepatan.

Toyota Raize dijual dengan harga Rp228,4-Rp 273,1 juta.

Baca Juga: Fitur-fitur Baru Avanza dan Xenia Terbaru

2. Daihatsu Rocky

4 Mobil Compact SUV Paling Menggoda di Indonesia carscoops.com

Wajah Daihatsu Rocky gak seatraktif Toyota Raize. Tampilan depan SUV ini lebih konvensional, dengan gril yang lebih kecil. 

Rocky punya gril berbentuk heksagonal tanpa air-intake yang disematkan di antara lampu kabut bulat dan DRL horizontal.

Bicara soal interior, ada central display pada dashboard, menggunakan digital instrument panel. 

Mesin Rocky hampir sama dengan Raize, sama-sama 1.0L turbo 3-silinder. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 98 Hp dan torsi 140 Nm. 

Daihatsu Rocky Turbo dibanderol Rp224,4-Rp 247,2 juta.

Baca Juga: Yuk Intip Daihatsu Rocky dan TAFT, Bakal Masuk Indonesia? 

3. Honda All New BR-V

4 Mobil Compact SUV Paling Menggoda di Indonesia honda-indonesia.com

Pendatang baru lainnya di dunia compact SUV adalah All New Honda BR-V. Mobil ini dirilis beberapa pekan lalu dan langsung menjadi pusat perhatian. Sebab, dibandingkan varian BR-V sebelumnya, All New Honda BR-V benar-benar berbeda.

All New Honda BR-V didesain dengan memadukan unsur ketangguhan SUV dan kenyamanan MPV. Tak mengherankan jika desain All New Honda BR-V begitu sporty namun dengan fitur selengkap MPV.  

All New Honda BR-V antara lain dibekali fitur canggih Honda SENSINGTM, Honda LaneWatchTM, Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, dan Smart Entry System yang telah dikembangkan untuk menciptakan sebuah definisi baru dalam pengalaman berkendara untuk sebuah LSUV 7-seater di kelasnya.

Mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini juga telah dibekali desain baru LED Headlamp yang dilengkapi LED Daytime Running Light yang menyatu dengan gril depan. Pada sisi belakang, All New Honda BR-V juga mengusung desain baru pada Rear Combi Lamp yang dilengkapi dengan LED Light Bars dirancang menyatu dengan garis bodi. Sementara kesan tangguh dari sebuah SUV semakin kuat dengan desain pelek 17 inci baru yang lebih agresif.

Kabarnya mobil ini akan dibanderol sekitar Rp260 jutaan.

4. KIA Sonet

4 Mobil Compact SUV Paling Menggoda di Indonesia kia.com

KIA Sonet adalah lawan sepadan Rocky dan Raize. Sebab mobil ini hanya dibanderol Rp193-Rp 289 juta. Variannya pun banyak, sehingga kamu bisa memilih mana tipe yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu Kia Sonet juga memiliki varian 7 seater. Mesinnya juga cukup mumpuni. Mobil ini dibekali mesin 4-silinder 1,5 liter DOHC, Dual CVVT dengan tenaga 115 hp dan torsi 144 Nm. Tenaganya jelas lebih besar Rocky dan Raize.

Selain itu fitur kekiniannya juga berlimpah, seperti EBD, Hill Assist Control dan rear camera dengan dynamic guide. Penunjang kenyamanan tersedia Ventilated Seats, Bose Audio System, Smart Key with remote starter, 8” multimedia touchscreen with wireless Car Play and Android Auto, Mood Lamp connected to music. Wireless Charging with cooling function, Sunroof with tilt and slide, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Cruise Control.

Baca Juga: Daftar Semua Varian All New Honda BR-V

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya