Comscore Tracker

5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan Deras, Jangan Asal Terobos!

Selalu jaga keselamatanmu sendiri ya, guys?

Tuntutan pekerjaan memang mengharuskan kita tetap wajib melaksanakan tugas dalam berbagai situasi dan kondisi. Termasuk ketika hujan deras, perjalanan dari rumah menuju tempat kerja menjadi sebuah hal yang cukup membuat hati was-was.

Terlebih saat menggunakan kendaraan dengan kecepatan tinggi, potensi tergelincir karena jalanan licin pun bisa menjadi penyebab kecelakaan. Untuk meminimalisir kemungkinan terburuk ketika berkendara saat hujan deras, yuk kita terapin beberapa tips singkat berikut ini!

1. Perhatikan jarak aman dengan kendaraan lain di depan

5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan Deras, Jangan Asal Terobos!express.co.uk

Saat berkendara ketika hujan deras, tetap perhatikan jarak aman antara kendaraanmu dengan kendaraan di depan. Jarak aman yang cukup akan menyelamatkanmu dari tubrukan beruntun saat tiba-tiba kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak. Kamu juga bisa mengendalikan kecepatan kendaraan agar tetap pada ketentuan keamanan berkendara.

2. Maksimalkan fungsi defroster

5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan Deras, Jangan Asal Terobos!statefarm.com

Titik air hujan memang biasanya akan membuat embun di sekitar permukaan kaca depan sehingga mengurangi fungsi penglihatan. Untuk mengantisipasinya agar kaca tetap jernih, maksimalkan fungsi defroster dengan baik dan benar. Pandangan yang jelas dan terarah tentu saja akan membuat keamanan berkendara selalu terjaga dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Helm Ori vs. KW Super, Jangan Tertipu Sama Tampilan

3. Karena jalanan licin dan basah, laju kenderaan sebaiknya dikurangi

5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan Deras, Jangan Asal Terobos!ksa.motory.com

Setiap pengendara biasanya memang akan memperhatikan kecepatan kendaraan saat sedang hujan deras. Jalanan yang basah dan licin tentu saja akan membuat roda kendaraan berpotensi slip dan tergelincir jika menggunakan kecepatan maksimal. Selain itu, penggunaan rem saat jalan licin biasanya akan bekerja 3 kali lipat daripada saat jalanan dalam kondisi kering.

4. Agar pandangan tidak kabur, jangan lupa nyalakan lampu mobil

5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan Deras, Jangan Asal Terobos!snopes.com

Meski bukan malam hari, menyalakan lampu mobil saat hujan deras juga perlu kamu lakukan untuk menjaga keamanan berkendara. Lampu mobil bisa menjadi penerang jalan yang cukup efektif agar perjalananmu bisa tetap aman dan nyaman. Kamu akan bisa dengan jelas melihat kondisi dan suasana jalan raya sehingga akan meningkatkan konsentrasi berkendaramu.

5. Jangan menerobos kubangan air karena berpotensi mendatangkan kecelakaan

5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan Deras, Jangan Asal Terobos!abc.net.au

Meski sedang terburu-buru sekalipun, jangan sekali-kali menerobos kubangan air dengan kecepatan yang cukup tinggi. Selain akan membuat mobil terguncang secara mendadak, bagian-bagian mobil pun akan cepat mengalami kerusakan. Tak hanya itu, potensi kecelakaan saat kamu nekat melindas kubangan air di tengah jalan akan semakin besar.

Jika tidak benar-benar mendesak, hindari melakukan perjalanan saat hujan sedang deras ya?

Baca Juga: 5 Rating Keselamatan Helm yang Perlu Dipahami Pengendara Motor

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You