5 Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tidak Dihuni Banyak Serangga

Biar berkendara jadi nyaman

Serangga seperti kecoa, nyamuk, lalat dan sejenisnya memang biasanya hadir secara tak terduga pada tempat-tempat tertentu, termasuk di dalam kabin mobil. Meski dibersihkan secara berkala, terkadang serangga-serangga tersebut ‘nekat’ masuk kabin mobil tanpa disadari oleh pemiliknya.

Jika tidak segera diatasi, maka kenyamanan pengendara bisa saja terganggu dan menurunkan konsentrasi saat menyetir. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana merawat kabin mobil agar terhindar dari serangan serangga.

1. Jangan membuang sisa atau bungkus makanan di dalam interior mobil anda

5 Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tidak Dihuni Banyak Seranggaaskthepilot.com

Seringnya tak disadari, kebanyakan para pengendara biasanya akan membuang asal sisa-sisa dan bungkus makanan ke tempat terdekat. Bungkus permen, tissu, kulit kacang dan sejenisnya menjadi pemicu utama serangga betah menghuni kabin mobilmu.

Jika kebiasaan buruk tersebut tidak segera dihilangkan, jangan harap kabin mobilmu akan bersih tanpa kehadiran serangga.

2. Bersihkan bagian-bagian tersembunyi kabin mobil

5 Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tidak Dihuni Banyak Seranggatrophynissan.com

Selain membersihkan tempat-tempat yang mudah dijangkau, kamu juga perlu membersihkan bagian-bagian tersembunyi kabin mobil lainnya. Serangga yang memang bentuknya kecil akan mencari celah-celah kecil kabin mobil dan bersarang di sana. Jadi, jangan malas membersihkan rongga-rongga kecil kabin mobil agar serangga ‘ngacir’ ya?

3. Setelah dibersihkan, jemurlah bagian dalam agar terbebas dari serangga

5 Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tidak Dihuni Banyak Seranggamasque.ca/

Selain terbebas dari sampah, kamu juga perlu menjemur bagian dalam mobil agar kelembapan bagian kabin mobil bisa berkurang. Kabin mobil yang terlalu lembap akan mengundang banyak serangga masuk dan memenuhi bagian dalam mobilnya. Kamu tentu tidak ingin kabin mobilmu dipenuhi banyak serangga karena malas membersihkannya bukan?

Baca Juga: Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclong

4. Selalu gunakan pengharum interior mobil dengan aroma yang tak disukai serangga

5 Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tidak Dihuni Banyak Seranggaautowise.com

Penggunaan pengharum kabin mobil juga bisa mempengaruhi banyak atau tidaknya serangga yang menghuni kabin, lho. Sebisa mungkin, pilihlah aroma pengharum interior yang tak disukai serangga, semisal lavender, jeruk dan sebagainya. Selain memberikan aroma menyegarkan, serangga juga tidak akan lagi jadi penghuni setia kabin mobilmu.

5. Tempatkan mobil di parkiran yang terang dan bersih, jangan parkiran yang gelap, lembap, kotor dan banyak pohon

5 Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tidak Dihuni Banyak Seranggaabc.net.au

Jangan lupa memperhatikan letak dan posisi parkiran saat berada di luar rumah. Sebaiknya pilihlah tempat parkir yang bersih, terang, dan terjaga keamanannya. Jika tidak terpaksa, hindari area parkir yang terletak di ujung gedung, gelap, lembap, kotor dan dipenuhi banyak pepohonan. Serangga akan menyerbu tempat-tempat parkir yang gelap dan kurang terjaga kebersihannya.

Terapkan tips di atas dan acara jalan-jalanmu bersama mobil kesayangan akan nyaman tanpa kehadiran serangga.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak 

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You