Comscore Tracker

Tiga Manfaat Volvo Dynamic Power, Steering yang Buat Sopir Truk Santai

Harga truk Volvo dengan sistem VDS masih dirahasiakan

Jakarta, IDN Times - Vovlo Trucks Indonesia memperkenalkan inovasi terbaru mereka pada sistem kemudi yang dinamakan Volvo Dynamic Steering (VDS). VDS menggabungkan power steering hidrolik konvensional dengan motor listrik yang diatur secara elektronik dan dipasang pada roda kemudi.

Sistem ini diklaim bisa mengurangi tenaga yang dibutuhkan saat mengemudi dan meredam hentakan akibat lubang, jalan tak rata, dan pengereman. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Marketing Volvo Trucks Indonesia, Jurn Terpstra kepada awak media.

"Sistem VDS mampu meredam tenaga yang dikeluarkan sopir ketika mengemudi, karena mampu mereduksi gerakan setir hingga 85 persen," kata Terpstra kepada awak media di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/6).

Lalu, apa saja keuntungannya bagi pengemudi? Berikut adalah tiga manfaat sistem VDS:

1. Pada kecepatan rendah, mobil listrik mengambil alih pekerjaan dari otot-otot pengemudi

Tiga Manfaat Volvo Dynamic Power, Steering yang Buat Sopir Truk SantaiIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Pada kecepatan rendah, motor listrik mengambil alih pekerjaan dari otot-otot pengemudi. Sopir dapat bersantai dalam mengemudi tanpa harus selalu meregangkan bahu dan lengan. Sebaliknya, ketika dalam kecepatan tinggi, motor listrik secara otomatis mengontrol kemudi dan melakukan kompensasi atas tekanan yang terjadi pada roda kemudi.

Selain itu, Volvo Dynamic Steering dapat meluruskan arah gerak kendaraan secara otomatis bahkan saat mundur. Sebab, motor listrik yang bekerja sama dengan power steering hidrolik langsung menyesuaikan diri ribuan kali per detik tergantung kondisi berkendara dengan diatur oleh unit kontrol elektronik.

Baca Juga: Volvo Perkenalkan Teknologi Power Steering Baru, Bikin Nyetir Jadi Fun

2. Fungsi motor listrik yang digunakan, memberikan pengendalian yang akurat

Tiga Manfaat Volvo Dynamic Power, Steering yang Buat Sopir Truk SantaiIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kondisi permukaan jalan yang tak rata, seperti retakan lubang, akan diredam oleh sistem ini, yang berarti kemudi terasa lebih stabil karena pengemudi tak perlu selalu berusaha mengoreksi arah kendaraan dengan penyesuaian-penyesuaian kecil terus menerus pada lingkar kemudi.

Terlebih, fungsi motor listrik yang digunakan untuk memberikan pengendalian yang akurat membuat sopir tak bekerja ekstra dalam mengendarai mobil besar tersebut.

3. Sistem VDS ini menghilangkan gerak yang tak perlu di lingkar kemudi

Tiga Manfaat Volvo Dynamic Power, Steering yang Buat Sopir Truk SantaiIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Di jalan bebas hambatan, kontrol presisi ini akan membuat arah gerak kendaraan tetap lurus, sehingga pengemudi akan berkendara lebih santai dan sepenuhnya menguasai kendali kendaraan dalam segala tingkat kecepatan.

Sistem VDS ini menghilangkan gerak yang tak perlu di lingkar kemudi, hal itu hampir selalu terjadi jika sistem VDS tak ada. Ketika sistem sensor mencatat pengemudi ingin melaju lurus ke depan, maka sistem dengan otomatis memastikan tak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda kemudi.

Baca Juga: Suzuki Siapkan Varian Baru Ertiga, Bergaya Crossover

Topic:

  • Santi Dewi
  • Yogie Fadila

Just For You