Comscore Tracker

Deretan Mobil Sedan Bermesin Diesel, Masih Eksis di Indonesia Lho!

Ada BMW hingga Toyota

Jakarta, IDN Times - Sedan bermesin diesel. Jenis kendaraan satu ini memang tak banyak dijumpai di Indonesia.

Mesin yang dikenal menghasilkan torsi besar itu kebanyakan dipasangkan pada kendaraan bersasis ladder frame. Misalnya mobil SUV, pikap, hingga truk.

Sasis jenis tersebut memang lebih andal meredam getaran mesin diesel, dibandingkan sasis monokok yang digunakan mobil sedan.

Namun siapa sangka, di tanah air, ternyata ada juga sedan bermesin diesel. Meski tak banyak.

Berikut ini IDN Times kasih beberapa rekomendasi empat sedan bermesin diesel yang mengaspal di Indonesia.

1. BMW 520d

Deretan Mobil Sedan Bermesin Diesel, Masih Eksis di Indonesia Lho!BMW 520d. (olx.co.id)

Baca Juga: Gak Cuma Tahan Melibas Banjir, Ini Fakta Lain Mobil Diesel

BMW mengenalkan beberapa sedan bermesin diesel kepada publik Indonesia. Salah satunya BMW 520d yang diluncurkan tahun 2014.

Pabrikan asal Jerman itu memboyongkan mesin diesel 1.995 cc in-line enam silinder dengan teknologi BMW TwinPower Turbo. Torsi yang dihasilkan bisa mencapai 350 Nm.

Mesin diesel BMW 520d juga dapat menghasilkan tenaga 184 hp. Mobil sedan ini bisa berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik.

BMW 520d dapat berlari hingga 231 km/jam. Sementara, untuk urusan bahan bakar, sedan bermesin diesel itu rata-rata menenggak satu liter untuk 22,2 km.

Baca Juga: 3 Jawaban Kenapa Harga Mobil Diesel Lebih Mahal 

2. BMW 320d

Deretan Mobil Sedan Bermesin Diesel, Masih Eksis di Indonesia Lho!BMW 320d. (olx.co.id)

Setahun sebelumnya, tahun 2013, BMW juga mengenalkan BMW 320d. Sedan ini dibekali mesin diesel 2.0 liter empat silinder dengan transmisi otomatis delapan percepatan.

Mesin berteknologi BMW TwinPower Turbo yang disematkan mampu menghasilkan torsi 380 Nm. Sedangkan, tenaga maskimal yang dapat dihasilkan yakni 184 hp.

BMW 320d bisa melesat dari nol hingga 100 km/jam dalam 7,4 detik. Rata-rata konsumsi bahan bakar mobil ini adalah 22,7 km/liter.

3. Mercedes-Benz E250 CGI

Deretan Mobil Sedan Bermesin Diesel, Masih Eksis di Indonesia Lho!Mercedes-Benz E250. (olx.co.id)

Pesaing BMW yang juga dari Jerman, Mercedes-Benz, juga turut mengenalkan sedan bermesin diesel di Tanah Air. Pada 2014, Mercedes-Benz meluncurkan E250 CGI.

Pabrikan menyematkan mesin diesel 2.200 cc turbo yang bisa menghasilkan torsi masksimal 500 Nm. Mesin ini juga membuat E250 CGI mampu memuntahkan tenaga hingga 201 hp.

Mercedes-Benz E250 CGI mampu berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu 7,5 detik. Soal keiritan, sedan bermesin diesel ini menenggak satu liter bahan bakar untuk berjalan 20,8 km.

4. Toyota Crown Comfort

Deretan Mobil Sedan Bermesin Diesel, Masih Eksis di Indonesia Lho!Toyota Crown Comfort. (olx.co.id)

Berbeda dengan tiga mobil sebelumnya yang berusia di bawah 10 tahun. Toyota Crown Comfort menjadi sedan bermesin diesel yang bisa dibilang sudah berumur, karena diperkenalkan antara tahun 2003.

Mobil ini masuk ke pasar Tanah Air berstatus CBU Jepang. Sedan pabrikan asal Jepang itu dahulunya paling banyak dipakai untuk operasional taksi.

Toyota Crown Comfort dibekali mesin Toyota 5L, mesin diesel empat silinder SOHC 16 valve 3.000 cc. Mesin yang dipadukan dengan transmisi manual ini menghasilkan tenaga 97 hp dan torsi 192 Nm.

Baca Juga: Tetap Mewah, Sedan-sedan Eropa yang Harga Bekasnya di Bawah Rp50 Juta

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Anto
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya