Comscore Tracker

Toyota Caldina: Harga dan Spesifikasi

Station wagon keluaran tahun 1990-an

Toyota Caldina merupakan salah satu mobil yang diproduksi oleh Toyota yang telah diproduksi pada tahun 1992 hingga 2007 dan beredar luas di pasar Jepang. Mobil ini bahkan telah menggantikan Toyota Carina dan Corona pada masa itu. 

Diklaim memiliki kemampuan All Trac 4WD serta memiliki kapasitas yang besar membuatnya menjadi populer di beberapa negara lain seperti Amerika Serikat hingga Rusia. Seperti apa sih, kualitasnya? Mari simak pembahasan spesifikasi dan harga Toyota Caldina di bawah ini.

1. Toytota Caldina pada penjualan pertama

Toyota Caldina: Harga dan SpesifikasiToyota Caldina T190 (youtube.com/Old Cars)

Pada November 1992, T190 telah dilakukan penjualan sebagai penerus Carina Surf dengan pilihan mesin: bensin 1,8 liter, diesel 2 liter, dan bensin 2 liter. Bensin 2 liter ini bisa dimiliki dengan penggerak empat roda. 

Berbagai pilihan merek sediakan dengan desain yang menarik dengan skema warna dua nada. Untuk perilisan Februari 1993 versi baru disebut dengan Sky Canopy yang tersedia beserta atap yang ditinggikan dan atap panorama yang besar. Ketinggian mobil didesain dengan ukuran 85 mm lebih tinggi.

2. Toyota Caldina pada penjualan kedua

Toyota Caldina: Harga dan SpesifikasiToyota Caldina T210 (youtube.com/Old Cars)

Dua tahun kemudian pada Februari 1995, disediakan pilihan mesin baru dengan mesin 3S-GE yang sama seperti pada MR2 SW20 yang dikawinkan dengan sistem penggerak roda empat. Dilegkapi dengan versi transmisi otomatis 4 percepatan yang sama dengan 165 tenaga kuda. 

Bahkan pada awal tahun 1996-an, terjadi sedikit perubahan pada grade sky Canopy yang diganti dengan grade Aerial. Atap panoramic diganti dengan sunroof besar yang bisa dibuka. Lalu pada akhir tahun 1997, T190 diganti lagi dengan T210. 

Untuk T210, dilengkapi dengan spesifikasi Aerial untuk model kelas tinggi yang dilengkapi dengan sistem grade dan mesin yang direvisi secara signifikan. Dilengkapi dengan mesin diesel 2.2 liter baru yang menggantikan diesel 2 liter yang lama. 

Mesin 3S-GE mendapat peningkatan tenaga yang cepat sekali serta dilengkapi dengan output 195 tenaga kuda yang sekarang. Hal ini hanya bisa dimiliki oleh mobil roda empat dengan sistem transmisi otomatis 4 yang biasa disebut dengan Grade GT.

Baca Juga: Mengenal Toyota Sports 800, Supercar Pertama Toyota 

3. Hadir kembali dengan mesin 3D-GE turbocharged

Toyota Caldina: Harga dan SpesifikasiToyota Caldina T240 Kuala Lumpur (wikimedia.org)

Toyota Caldina kembali diproduksi dengan versi yang berbeda dengan nama GT-T yang diproduksi untuk bersaing dengan Legacy GT-B. Caldina yang satu ini termasuk ke dalam salah satu mobil dengan performa tinggi yang sudah dilengkapi dengan mesin 3D-GE turbocharged yang menghasilkan 260 tenaga kuda.

Dilengkapi juga desain eksterior dan bagian aero yang lebih agresif. Mobil ini dipercaya selalu menjadi pilihan dalam sistem transmisi otomatis percepatan 4 atau transmisi manual percepatan 5 dengan Torsen LSD. 

Perubahan kecil yang dilakukan pada tahun 2000 telah memberikan kesan yang berbeda pada desain eksterior serta memberikan pembaruan interiornya. Bahkan versi GT juga disediakan dengan kelas Aerial yang sudah dihapuskan. Produksi T210 telah berhenti sejak September 2002 dan model T240 baru mulai dijual.

4. Toyota Caldina GT-Four

Toyota Caldina: Harga dan SpesifikasiToyota Caldina GT-Four (wikimedia.org)

GT-Four ini hadir dalam tiga kelas yaitu edisi C (entry model), versi regular, dan edisi –N. Edisi N lebih fokus pada sistem mengemudi yang dilengkapi dengan peredam kejut khusus untuk suspense yang disetel khusus, Torsen LSD, dan sistem ABS olahraga. 

Pada bagian interior dilengkapi dengan jok Recaro yang unik untuk edisi N. Toyota Caldina Edisi N ini juga diuji dengan Nunburgring yang mencapai waktu putaran 8 menit 46 detik. 

Pada tahun 2005, terdapat sedikit perubahan pada bagian bumper, gril, lampu, dan garnish belakang yang sudah diubah. Pada saat Edisi C dan Edisi N dikeluarkan, dua setengah tahun kemudian produksi yang dilakukan di pabrik Tsutsumi di prefektur Aichi berakhir sehingga tidak dilakukan lagi penjualan di pasar.

5. Harga Toyota Caldina terbaru

Toyota Caldina: Harga dan SpesifikasiToyota Caldina T240 (wikimedia.org)

Toyota Caldina merupakan salah satu station wagon dengan ukuran sedang yang diproduksi oleh Toyota pada awal tahun 1990-an hingga pertengahan tahun 2000-an. Beberapa generasinya yang sudah dijual adalah T190, T210, dan T240.

Untuk generasi pertama (T190) dan kedua (T210) dijual di luar negeri dengan nama yang berbeda serta dirancang dengan versi unik dan kuat yang khusus dijual hanya di pasar Jepang. Berikut perkiraan harga Toyota Caldina saat ini:

Harga jual baru: Rp 108.000.000

Harga jual bekas: Rp 70.000.000

Itulah ulasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Caldina yang merupakan mobil keluaran tahun 1990-an. Sayangnya, mobil ini tidak dijual secara resmi di Indonesia. Tertarik mengoleksi mobil lawas satu ini?

Baca Juga: Mobil-mobil Kloningan, Desainnya Mirip Banget Aslinya!

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya