Comscore Tracker

5 Hal Ini Bikin VW Klasik Masih Banyak Diburu, Bisa Buat Investasi! 

VW klasik masih eksis, meski mobil-mobil baru bermunculan

Jakarta, IDN Times - Mobil-mobil baru terus bermunculan. Masing-masing hadir dengan teknologi dan desain kekinian. Tapi mobil-mobil tersebut ternyata gak menggerus eksistensi mobil-mobil klasik.

Mobil-mobil keluaran Volkswagen (VW) lawas misalnya masih eksis hingga hari ini. Bahkan komunitas mereka tersebar di banyak kota di tanah air. Padahal usia mobil ini udah uzur, bahkan mungkin lebih tua dari orang tuamu loh.

Anggota Departemen Olahraga dan Rekreasi VW Club Yogyakarta (VCY), Andi Santoso, mengungkapkan kenapa mobil-mobil VW klasik masih terus bertahan. Yuk, cekidot!

1. Desain VW klasik yang ikonik banget

5 Hal Ini Bikin VW Klasik Masih Banyak Diburu, Bisa Buat Investasi! instagram.com/VW Club Yogyakarta @vwclubyogyakarta

Andi menuturkan bahwa salah satu keunikan mobil VW klasik berasal dari bentuk VW itu sendiri. Tidak dipungkiri bahwa model VW klasik, seperti Beetle, Kombi, dan Safari memiliki model bodi yang unik. Bahkan kamu bisa menebak mobil tersebut tanpa melihat emblemnya.

Bahkan, pada awal 2000-an, banyak anak bermain 'Tap VW'. Saat itu siapa saja yang pertama melihat mobil VW akan menepuk bahu temannya sambil  berucap, "Tap VW!".  Teman yang bahunya ditepuk tidak boleh membalas tepukan, meski tepukannya lumayan keras dan menyakitkan. 

"Daya tarik Volkswagen klasik adalah keunikan bentuk kendaraan itu sendiri. Ikonik, yang tidak bisa didapatkan di mobil baru,” kata Andi.

2. Komunitasnya solid, memelihara VW klasik jadi lebih menyenangkan

5 Hal Ini Bikin VW Klasik Masih Banyak Diburu, Bisa Buat Investasi! instagram.com/VW Club Yogyakarta @vwclubyogyakarta

Banyak sekali komunitas VW klasik. Mereka tumbuh di hampir semua kota di tanah air. Komunitas-komunitas ini sangat solid dan sering kopi darat alias kopdar. Mereka berbagi informasi seputar VW klasik atau sekadar berkumpul sambil makan-makan.

Salah satu komunitas VW klasik yang cukup solid adalah VCY. Di komunitas ini, pemilik VW klasik tidak hanya bisa menyalurkan hobi akan mobil kesayangan, tetapi juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan bantuan seputar VW klasik.

3. Perawatan VW klasik tergolong mudah

5 Hal Ini Bikin VW Klasik Masih Banyak Diburu, Bisa Buat Investasi! Facebook.com/Jogjakarta Volkswagen Festival

Walaupun VW klasik sudah berusia puluhan tahun, Andi mengatakan perawatannya relatif mudah dilakukan. 

Perawatan VW tidak jauh dari tune up berkala, rutin ganti oli, dan penggantian komponen lainnya jika perlu.

4. Sparepart VW klasik semakin mudah ditemukan hari ini

5 Hal Ini Bikin VW Klasik Masih Banyak Diburu, Bisa Buat Investasi! instagram.com/Jogja VW Festival @jogjavwfestival

Andi melanjutkan, mencari sparepart VW klasik hari ini sudah sangat mudah dilakukan. Terlebih dengan adanya kemajuan teknologi, seperti media sosial dan toko daring.

“Semua bisa dilakukan dengan cara online. Bahkan penjual sparepart luar negeri pun sudah ada salesnya di Indonesia yang siap membantu kapan saja. Info-info sparepart bisa didapat di komunitas ataupun sosial media,"

5. VW klasik juga bisa jadi investasimu

5 Hal Ini Bikin VW Klasik Masih Banyak Diburu, Bisa Buat Investasi! instagram.com/ Jogja VW Festival @jogjavwfestival

Andi mengatakan, VW klasik masih menjadi salah satu mobil yang diburu karena nilai jualnya yang semakin tua justru semakin mahal. Dengan demikian, mobil VW klasik pun bisa jadi investasi pemilik.

“VW bisa untuk investasi. Semakin tua semakin mahal. Beda dengan mobil baru, dijual kembali mengalami penurunan harga yang drastis,"

Ini bisa dilihat ketika kamu mencari mobil VW klasik di situs jual beli seperti OLX, harga VW Beetle klasik tahun 70-an bahkan ada yang melampaui Rp200 juta!\

So, beruntunglah kalau kamu salah satu pemilik VW klasik ini!

Baca Juga: Volkswagen Club Yogyakarta, Wadah Penggemar VW Klasik Bertukar Ilmu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya