Comscore Tracker

Deretan Mobil Morris Garage, Ikonik Banget!

MG punya sejarah cemerlang dalam hal memecahkan rekor

Jakarta, IDN Times - Morris Garage (MG) adalah merek otomotif yang berasar dari Inggris. Sejarahnya dimulai pada era 1920-an dan produksinya fokus pada mobil sport. Selama lebih dari 90 tahun, MG telah melewati beberapa pergantian kepemilikan.

Kini MG berada di bawah naungan raksasa otomotif dari China, SAIC Motor Corporation. Sejak awal masuknya MG ke lingkaran otomotif, MG telah melewati banyak tonggak sejarah dengan mobil-mobilnya. Berikut adalah sejumlah mobil MG yang berhasil melambungkan nama MG ke pasar global.

1. MG EX120

Deretan Mobil Morris Garage, Ikonik Banget!favcars.com

Ini merupakan mobil dari MG yang pertama kali memecahkan rekor di sirkuit balap Montlhéry pada tahun 1931. MG EX120 berhasil menjadi mobil 750 cc pertama yang melampaui 160 kpj dan menyentuh 165 kpj. 

Baca Juga: Morris Garage Bakal Luncurkan SUV Gloster, Pesaing Land Cruiser

2. MG EX181

Deretan Mobil Morris Garage, Ikonik Banget!autocar.co.uk

MG kembali memecahkan rekor dengan EX181. Mobil ini membawa mesin 4 silinder 1,5 liter dan dikendarai oleh Sir Stirling Moss di atas Bonneville Salt Flats. EX181 yang ramping ini mampu melesat dengan kecepatan 394 kpj.

3. MGB

Deretan Mobil Morris Garage, Ikonik Banget!.hagerty.com

Mobil ini dinobatkan sebagai mobil MG paling laris sepanjang masa. Mobil roadster ini meluncur pertama kali pada tahun 1962 dan bertahan dalam sirkulasi produksi hingga tahun 1980. MGB menjadi mobil MG pertama yang dirakit dengan sasis monokok.

4. MGC

Deretan Mobil Morris Garage, Ikonik Banget!flickr.com/Custom_Cab

MGC adalah versi 2912 cc, 6 silinder dari MGB yang dijual sejak 1967 sampai 1969 dengan beberapa penjualan berjalan hingga 1970.

MGC tersedia dalam versi coupe GT dan roadster. MGC mampu melaju  193 kpj dan mencapai 96 kpj dalam 10 detik.

Pada tahun 1969, Pangeran Charles dari Inggris membeli salah satu MGC GT dan diwariskan pada Pangeran William 30 tahun setelahnya.

5. MGF

Deretan Mobil Morris Garage, Ikonik Banget!flickr.com/Perico001

MGF merupakan mobil sport serba baru yang dirilis di bawah nama MG setelah MGB di tahun 1962. Kembalinya MG dengan MGF pada 1995 menjadi berita besar bagi pencinta mobil sport. 

MGF diproduksi dengan anggaran yang ketat tapi mampu hadir dengan inovasi berupa layout mid-engine dan suspensi gas. MGF pun menjadi salah satu mobil terlaris di sebagian besar dunia.

6. MG GS

Deretan Mobil Morris Garage, Ikonik Banget!flickr.com/webmaster.next

Setelah lebih dari 80 tahun memproduksi berbagai jenis mobil, MG akhirnya memproduksi Sport Utility Vehicle (SUV). GS hadir di tahun 2015  dan umumnya menyasar pasar Timur Tengah dan Asia. 

MG melihat pada sejarahnya sebagai produsen mobil sport dan mengikuti jejak produsen mobil sport lain, Porsche, yang juga ikut bermain di segmen SUV. 

7. MG ZS EV

Deretan Mobil Morris Garage, Ikonik Banget!flickr.com/TopTen Alternatives

Tahun 2020 menandakan masuknya MG ke segmen mobil listrik murni. MG ZS EV baru adalah kendaraan yang sangat serbaguna, mampu menempuh jarak 262 km dengan sekali pengisian baterai. 

ZS EV juga dilengkapi dengan pengisian cepat yang memungkinkan pengisian daya baterai 80 persen baterai hanya dalam 40 menit.

Baca Juga: Morris Garage Segera Luncurkan MG HS, Ancaman Baru SUV Tanah Air

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya