Comscore Tracker

Oalah..Ternyata Ini Fungsi Bintik-bintik Hitam Pada Kaca Depan Mobil 

Baru tahu, ya?

Jakarta, IDN Times - Pernahkah kamu menyadari jika bintik-bintik hitam yang biasanya terdapat pada kaca depan mobil ternyata bukan sekedar pemanis? Yup, bintik-bintik hitam tersebut punya fungsi yang lumayan penting. 

Hmm..berikut beberapa faedah yang bisa kamu dapatkan dari bintik-bintik hitam di kaca depan mobil. 

1. Memberikan transisi visual yang enak dipandang

Oalah..Ternyata Ini Fungsi Bintik-bintik Hitam Pada Kaca Depan Mobil jalopnik.com

Bintik-bintik hitam yang berada di kaca depan mobil adalah bagian dari frits atau garis tebal hitam di pinggir kaca. Salah satu fungsi dari bintik-bintik ini adalah memberikan transisi yang enak dipandang dari garis hitam frit ke kaca mobil yang transparan.

Sedikit trivia, bintik-bintik hitam, ini tidak ditempatkan secara acak, loh. Namun, mereka diposisikan hingga membentuk pola halftone yang semakin jauh dari frit, bintik-bintik tersebut akan mengecil dan menghilang.

2. Mengurangi fenomena pelensaan

Oalah..Ternyata Ini Fungsi Bintik-bintik Hitam Pada Kaca Depan Mobil considerable.com

Selain untuk aestetik, bintik-bintik hitam ini juga berfungsi untuk mencegah distorsi optik yang dikenal sebagai pelensaan atau lensing. Garis frit memanas jauh lebih cepat daripada kaca transparan. 

Fenomena ini membuat garis lurus frit terlihat melengkung ketika terpapar panas. Bintik-bintik hitam ini membantu distribusi temperatur di kaca mobil yang pada gilirannya mengurangi terjadinya pelensaan ini.

3. Menyaring cahaya matahari yang masuk ke mobil

Oalah..Ternyata Ini Fungsi Bintik-bintik Hitam Pada Kaca Depan Mobil scoopwhoop.com

Bintik-bintik hitam ini tidak hanya mengitari kaca mobil saja. Ada kumpulan bintik hitam yang tampak lebih menonjol. Lokasinya ada di belakang kaca spion dan membentuk seperti bukit terbalik. Kumpulan bintik ini disebut ’third visor frit’. 

Third visor frit ini berfungsi untuk menyaring paparan sinar matahari yang tidak tertangkap kedua pelindung matahari di kursi pengemudi dan penumpang.

Baca Juga: Mobil-mobil Korsel di Dominasi Warna Akromatik, Ternyata Ini Alasannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya