Comscore Tracker

Toyota Corolla Cross Mesin Bensin dan Hybrid, Mau Pilih Mana?

Versi hybrid-nya jelas membuang lebih sedikit emisi CO2

Jakarta, IDN Times - Toyota resmi meluncurkan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru, Corolla Cross, di  Thailand pada Kamis (9/7/2020). Toyota Corolla Cross adalah hasil pertemuan Corolla sedan dan SUV. 

Corolla Cross dikembangkan dari konsep mobil SUV yang compact tetapi nyaman, khususnya untuk keluarga. Fitur dan desain yang dibawa Toyota Corolla Cross langsung menarik perhatian pencinta mobil.

Pasalnya, ia menjanjikan keamanan berkendara yang terjamin lewat platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Untuk desain, bagian luarnya tampak compact dan mutakhir. Interiornya roomy dan mewah. 

Toyota Corolla Cross menawarkan dua pilihan mesin, yaitu hybrid dan bensin. Terdapat empat varian Corolla Cross, tiga varian hybrid dan satu mesin bensin. Varian-varian hybridnya dipatok harga yang lebih tinggi daripada harga varian mesin bensin. Harga Toyota Corolla Cross dibuka pada kisaran Rp400 juta hingga Rp550 juta.

Selain soal harga, kira-kira apa saja perbedaan varian hybrid dan reguler dari Toyota Corolla Cross? 

1. Adu kuat hybrid dan bensin

Toyota Corolla Cross Mesin Bensin dan Hybrid, Mau Pilih Mana?autodius.com

Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin konvensional dan mesin hybrid. Mesin bensin konvensionalnya 1,8 liter empat silinder yang menghasilkan 140 hp dan torsi 129 pound-ft. 

Sementara untuk versi hybrid, Toyota Corolla Cross menggabungkan mesin empat silinder atkinson-cycle 1,8 liter yang berdaya 98 hp dan torsi 105 lb-ft. dengan motor listrik berdaya 72 hp dan torsi 120 lb-ft. 

Baca Juga: Toyota Tarik 9.500 Unit RAV4 Lantaran Masalah di Suspensi Depan

2. Penghematan bahan bakar dan emisi CO2

Toyota Corolla Cross Mesin Bensin dan Hybrid, Mau Pilih Mana?cnet.com

Toyota menjanjikan penghematan bahan bakar bagi kedua versi mobil Toyota Corolla Cross. Dari test drive yang dilakukan Toyota, diketahui bahwa penghematan bahan bakar Toyota Corolla Cross Hybrid adalah 23,3 km/l. 

Sementara untuk Toyota Corolla Cross reguler, penghematan bahan bakar yang dijanjikan adalah 15,4 km/l dengan emisi CO2 yang dihasilkan 150 g/km. 

3. Transmisi CVT dan eCVT

Toyota Corolla Cross Mesin Bensin dan Hybrid, Mau Pilih Mana?blog.toyota.co.uk

Toyota Corolla Cross reguler menggunakan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT). Sementara untuk varian hybrid-nya menggunakan CVT yang dikontrol secara elektrik, yaitu eCVT, seperti yang dimiliki Toyota Prius. 

Jika CVT biasa beroperasi dengan dua katrol dan sebuah sabuk di tengahnya, eCVT bekerja dengan menggunakan generator atau motor listrik untuk mengatur kecepatan kendaraan. 

Walau pun terdapat perbedaan minor, tetapi secara garis besar mekanisme untuk mengejar akselerasinya serupa.

Baca Juga: Benarkah Tesla Geser Toyota sebagai Produsen Mobil Paling Bernilai?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya