Comscore Tracker

Unik Banget! Bodi Bus Listrik Ini Bisa Dibongkar Pasang Kayak Lego

Gak cuma imut, bus satu ini juga fungsional banget

Jakarta, IDN Times - Produsen kendaraan listrik asal Jerman, Electric Brand, tengah sibuk memproduksi bus listrik bernama eBussy, kependekan dari Electric Bus System. Bus dengan desain yang sangat imut ini bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan konsumen, loh. 

Kok bisa, ya? Yuk, kenalan lebih lanjut dengan eBussy!

1. Fungsi eBussy bisa disesuaikan seperti lego

Unik Banget! Bodi Bus Listrik Ini Bisa Dibongkar Pasang Kayak Legoipsnews.net

Bodi eBussy bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan konsumen. Ia bisa menjadi bus, van kemah, hingga truk pickup. Untuk mentransformasi eBussy bisa dilakukan dengan lepas-pasang dengan bagian ekstra modular.

Menurut Electric Brand, sistem ini mengikuti prinsip lego yang bisa disambungkan dengan serangkaian sasis tambahan hingga menjadi kendaraan multiguna. Electric Brand menjanjikan sepuluh pilihan jenis model untuk eBussy.

2. Setirnya bisa dipindahkan dengan teknologi drive-by-wire

Unik Banget! Bodi Bus Listrik Ini Bisa Dibongkar Pasang Kayak Legomotorbox.com

Selain model tubuhnya yang bisa diganti-ganti seperti mobil lego, konsumen juga bisa mengubah posisi kemudi eBussy. Konsumen bisa memindahkan posisi kemudi dari sebelah kanan ke kiri atau sebaliknya. 

Bis eBussy bisa melakukan perpindahan ini karena adanya teknologi drive-by-wire. Konsumen bisa dengan leluasa menggeser setir dan instrumen-instrumen kemudi melintasi dashboard.

3. Jarak tempuh hingga 799 km

Unik Banget! Bodi Bus Listrik Ini Bisa Dibongkar Pasang Kayak Legohotcars.com

Tenaga bus unik ini berasal dari dua mesin motor yang masing-masing menghasilkan 20 hp. Untuk torsinya menghasilkan 737 ft-lb. 

Baterai bawaannya berdaya 10 kWh yang diperkirakan bisa menempuh 199 km. Namun, konsumen bisa mengambil opsi tambahan baterai 30 kWh dengan perkiraan jarak tempuh mencapai 600 km dan 799 km dengan tambahan opsi pengisi tenaga surya.

4. Opsi van kemah yang impresif

Unik Banget! Bodi Bus Listrik Ini Bisa Dibongkar Pasang Kayak Legogreencarreports.com

Menarik, ya. Lalu berapa harganya? Harga versi standar bus ini sekitar 18.300 USD atau setara Rp269 juta. Sementara harga versi van kemah sekitar 33.300 USD atau setara Rp489 juta. 

Versi van kemah eBussy tersedia dalam dua pilihan sasis, yakni standar dan offroad. Keduanya dibanderol dengan harga yang sama. Kelebihan opsi van kemah adalah sudah dilengkapi dengan kulkas, televisi, area duduk yang bisa diubah menjadi tempat tidur, hingga wastafel.

Sayangnya, bus eBussy ini baru ditargetkan meluncur di Eropa saja. Belum diketahui apakah negara-negara di luar Eropa akan bisa mencicipi eBussy. Waktu peluncurannya diperkirakan 2021 mendatang.

Baca Juga: Mulai 13 Juli, Operasional Uji Coba Bus Listrik Diperpanjang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya