Comscore Tracker

5 Komparasi Toyota Alphard dan Hyundai Staria, Adu Mewah MPV Premium

Pabrikan Korea Selatan ramaikan segmen MPV high end

Bicara tentang MPV premium di Indonesia, tentu Toyota Alphard yang saat ini menjadi penguasanya. Honda memang punya Odyssey di kelas ini, namun duo MPV Premium Toyota yakni Alphard dan Vellfire, masih menjadi market leader

Tahun ini, pabrikan hyundai membuat kejutan dengan merilis mobil terbarunya, yang digadang-gadang siap menyaingi Toyota Alphard. Mobil itu adalah Hyundai Staria. Persaingan kedua mobil tersebut dipastikan sengit karena keduanya punya kelebihan baik dari sisi eksterior dan interiornya, terutama dalam hal kemewahan dan kenyamanannya. Berikut perbandingan keduanya.

1. Desain/Model

5 Komparasi Toyota Alphard dan Hyundai Staria, Adu Mewah MPV Premiumilustrasi hyundai staria (instagram.com/roadshowautos)

Untuk desainnya kedua mobil jelas puya ciri khas tersendiri yang menunjukkan kelasnya sebagai MPV mewah. Untuk Toyota Alphard tampilan layaknya aristokrat dalam profil mengotak nan konservatif. Detail grille besar serta tarikan garis menukik cenderung terasa eksotis oriental yang sering disebut model transformer yang menambah kesan angkuh di mobilnya.

Di sisi lain, Hyundai Staria memancarkan nuansa kemewahannya lewat perspektif sofistikasi teknologi. Dari profil hingga ke detail elemen tubuh tampak canggih dan anti mainstream layaknya sebuah mobil yang datang dari masa depan. bahkan sangking unik desainya orang sering menyamakanya dengan kapsul luar angkasa.

2 . Fitur

5 Komparasi Toyota Alphard dan Hyundai Staria, Adu Mewah MPV Premiumilustrasi toyota alphard (instagram.com/andy_tjokro)

Untuk fitunya Hyundai Staria menawarkan berbagai fitur, diantaranya Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), Blind-Spot View Monitor (BVM), serta Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW). Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW).


Untuk Toyota Alphard juga tak mau kalah, MPV premium  asal Jepang ini sudah mengusung fitur seperti Toyota Safety Sense (TSS). TSS sendiri terdiri dari berbagi fitur keamanan seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Adaptive Cruise Control (ACC). Selain itu, ada pula Automatic High Beam (AHB), Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).

Baca Juga: Mobil-mobil Pikap yang Melegenda di Indonesia

3. Spesifikasi mesin

5 Komparasi Toyota Alphard dan Hyundai Staria, Adu Mewah MPV Premiumfoto hyundai staria (instagram.com/roadshowautos)

Untuk spesifikasi mesin keduanya mengusung jenis mesin yang berbeda. Untuk Hyundai Staria hanya ada satu pilihan mesin untuk pasar Indonesia. Mobil ini  menggunakan mesin diesel R2.2 VGT dengan transmisi otomatis 8-percepatan Shift-by-Wire. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 177 PS pada 3.800 rpm dan torsi maksimum 430 Nm di 1.500-2.500 rpm.

Sementara Toyota Alphard punya dua pilihan mesin bensin, yaitu 2,5 liter dan 3,5 liter. Untuk mesin 2,5 liter memakai mesin 2AR-FE, 4 silinder inline, 2.494 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 180 PS pada 6.000 rpm dan torsi 234 Nm pada 4.100 rpm. Sedangkan mesin 3,5 liter memakai kode 2GR-FKS V6, 3.456 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 300 Nm pada 6.200 rpm serta torsi 360 Nm pada 4.700 rpm. 

4. Dimensi mobil

5 Komparasi Toyota Alphard dan Hyundai Staria, Adu Mewah MPV Premiumilustrasi toyota alphard (instagram.com/randy_tjokro)

Tak perlu diragukan lagi kalau kedua mobil ini punya dimensi yang termasuk jumbo. Toyota Alphard mencatatkan pengukuran panjang 4.945 mm, lebar 1. 850 mm, dan tinggi mencapai 1.895 mm, serta jarak sumbu roda 3.000 mm.

Toyota Alphard boleh tampak terlihat lebih besar dan panjang. Namun Hyundai Staria tak kalah gigantik dengan panjang keseluruhan 5.253 mm, lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm serta jarak sumbu roda 3.275 mm.

5. Harga

5 Komparasi Toyota Alphard dan Hyundai Staria, Adu Mewah MPV Premiumilustrasi hyundai staria (instagram.com/roadshowautos)

Untuk harganya Hyundai Staria memiliki harga yang lebih murah dari Toyota Alphard, namun Toyota Alphard memiliki pilihan varian yang lebih banyak. 

Hyundai Staria hadir dengan 2 varian, dengan harga : 

  • Tipe Signature 7  Rp 1.020.000.000
  • Tipe Signature 9  Rp 888.000.000

Sementara untuk Toyota Alphard hadir dengan tiga varian dengan harga:

  • Tipe 2.5 X A/T  Rp 1.065.450.000
  • Tipe 2.5 G A/T Rp 1.219.850.000
  • Tipe 3.5 Q A/T  Rp 1.990.450.000 

Kedua mobil mempunyai ciri khas dan keuggulanya masing-masing, lantas siapa yang lebih unggul, Toyota Alphard atau Hyundai Staria? 

Baca Juga: Mobil-mobil Asal Britania Raya Terpopuler Sepanjang Masa, Yuk Intip!

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya