Comscore Tracker

4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Mobilmu Harus Segera Turun Mesin!

Harus sering cek ke bengkel

Jakarta, IDN Times - Turun mesin atau over haul merupakan momok yang sering kali menghantui pemilik kendaraan. Sebab biaya turun mesin itu mahal dan prosesnya cukup memakan waktu.

Tapi kalau gak di-over haul, bisa-bisa kerusakan mesin akan semakin parah. Nah, berikut tanda-tanda mobilmu sudah harus di-over haul.

1. Asap putih keluar dari knalpot

4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Mobilmu Harus Segera Turun Mesin!Etags.com

Nah kalian harus sudah mulai curiga, ketika knalpot mobil sudah mengeluarkan asap putih. Hal itu terjadi biasanya karena oli masuk ke dalam ruang pembakaran mesin. Kenapa sih ko oli bisa masuk ke dalam mesin?

Jadi ring piston sudah aus atau boring piston sudah pada baret akhirnya oli bisa masuk ke ruang bakar mesin. Oli yang masuk ke ruang bakar inilah yang menjadikan asap knalpot menjadi putih.

2. Busi berkarat, tarikan mesin jadi tidak enak

4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Mobilmu Harus Segera Turun Mesin!Championautoparts.com

Kalian harus sering-sering ngecek busi guys. Karena busi yang tidak bekerja maksimal atau berkarat (rusak) menjadi penyebab mesin mengeluarkan suara aneh, ketika mobil diajak berakselerasi mesin menjadi tidak enak, mesin juga mengalami penurunan performa dan rpm di putaran mesin tinggi.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Kebiasaan yang Membuat Mesin Mobil Kamu Cepat Rusak

3. Oli kering

4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Mobilmu Harus Segera Turun Mesin!Commons.wikimedia.org

Walaupun mobil saat ini sudah memiliki indikator oli, kalian tetap harus sering-sering ngecek oli guys. Jangan sampai baru mengganti oli saat indikator oli mobil kalian menyala, karena dikhawatirkan posisi kalian jauh dari bengkel dan oli jadi kering di jalan. Kalau bisa lakukan ganti oli sebelum ambang batasnya dan dilakukan secara rutin.

4. Mesin jadi sering panas

4 Gejala Ini Bisa Jadi Pertanda Mobilmu Harus Segera Turun Mesin!unsplash.com/rawpixel

Mesin yang kepanasan menandakan kompresi mengalami kebocoran. Hal ini disebabkan karena packing kepala silinder sudah rusak, air radiator menjadi terus berkurang dan masuk ke ruang bakar mesin sehingga suhu mesin jadi lebih panas dan berisiko mengalami overheat.

Nah, kalau ada tanda-tanda di atas, segera bawa mobilmu ke bengkel. Jangan menunggu sampai mogok di jalan, ya!

Baca Juga: Mobil dengan Mesin Tiga Silinder Lagi Tren, Ini Sederet Kelebihannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya