Comscore Tracker

Perluas Pasar Kendaraan Listrik, Toyota Siap Luncurkan Prius PHEV

Prius PHEV ramaikan pasar kendaraan elektifikasi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, mengatakan pihaknya akan terus meramaikan pasar mobil tanah air dengan mobil-mobil listrik.

"Toyota akan terus memperluas pasar kendaraan elektrifikasi, baik melalui kehadiran produk baru maupun melalui program untuk semakin memopulerkan pasar mobil listrik di Indonesia," katanya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (21/3).

Dalam waktu dekat ini Toyota Astra Motor bakal meluncurkan Prius Plug-In Electic Vehicle (PHEV). Nantinya Prius PHEV akan menggunakan mode full electric layaknya mobil baterai (BEV) untuk jarak dekat.

Sedangkan dalam menempuh jarak jauh, sistem yang tertanam secara otomatis akan beralih ke mode hybrid system.

1. Baterai jadi fitur unggulan kendaraan elektrifikasi milik Toyota

Perluas Pasar Kendaraan Listrik, Toyota Siap Luncurkan Prius PHEVtoyota.com

Menjadi mobil elektrifikasi yang baru masuk ke pasar Indonesia. Prius PHEV tampil dengan kelebihannya, yaitu kemampuan baterai yang lebih besar dan model pengisian baterai melalui sumber eksternal.

Diketahui Prius PHEV akan menggunakan baterai jenis Lithium-Ion Battery 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 volt.

Sementara itu, Battery capacitynya sebesar 8.8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu hingga 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220 Volt 16A.

Baca Juga: Hyundai Bakal Memproduksi Mobil Hidrogen 

2. Dapur pacu Prius PHEV

Perluas Pasar Kendaraan Listrik, Toyota Siap Luncurkan Prius PHEVtoyota.com

Kendaraan elektrifikasi ini ditanamkan mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc dengan tenaga dan torsi maksimum masing-masing 98 PS dan 142 NM.

Tak hanya itu, mobil ini pun ditancapkan motor listrik 1 NM/ISM dengan tenaga 53 Kw (98 PS) dan torsi maksimum yang mencapai 142 Nm. Bahkan dalam mode BEV Prius PHEV mempunyai cruising range sejauh 68,2 km.

3. Gunakan platform TNGA

Perluas Pasar Kendaraan Listrik, Toyota Siap Luncurkan Prius PHEVtoyota.com

Prius PHEV juga menggunakan platform TNGA seperti mobil buatan Toyota lainnya. Penggunaan fitur TNGA ini membuat mobil jadi makin nyaman dan aman.

Interior mobil ini pun dibuat luas dan lega serta dilengkapi audio display entertainment sebesar 8 inci.

4. Menggunakan fitur keselamatan terbaik di kelasnya

Perluas Pasar Kendaraan Listrik, Toyota Siap Luncurkan Prius PHEVtoyota.com

Untuk melindungi kenyamanan dan keselamatan pengendara, Toyota menyematkan fitur terbaik miliknya pada Prius PHEV.

Mobil itu pun didukung fitur keselamatan standar tertinggi milik Toyota yaitu Toyota Safety Sense (TSS), Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System, dan Vehicle Stability Control (VSC).

5. Kisaran harga Prius PHEV

Perluas Pasar Kendaraan Listrik, Toyota Siap Luncurkan Prius PHEVtoyota.com

Sejauh ini belum terungkap secara pasti berapa harga Prius PHEV di pasar kendaraan elektrifikasi Indonesia. Namun, banyak perkiraan yang muncul kalau mobil ini berada di bawah atau kisaran Rp1 miliar. Bisa jadi saingan berat Honda Ioniq PHEV.

Baca Juga: Tren Mobil Listrik, Honda Siap Meluncurkan Mobil Imut Ini 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya