Comscore Tracker

5 Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan sampai Kamu Tertipu!

Beli mobil bekas tak jadi masalah, lho, asal tahu caranya

Mobil menjadi moda transportasi penting yang banyak dimiliki oleh masyarakat menengah. Namun, karena beberapa alasan tertentu tak jarang orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas ketimbang yang baru. Selain karena nilai intrinsik mobil yang menurun di setiap tahun, juga karena kemampuan finansial yang belum terlalu memadai.

Nah, sebelum kamu membeli mobil bekas, ada baiknya ketahui lima tips sebagai berikut. Agar kamu bisa mendapatkan mobil bekas yang sesuai keinginan, nih!

1. Siapkan budget yang sesuai dengan kemampuan finansial 

5 Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan sampai Kamu Tertipu!ilustrasi uang (pixabay.com/Stevepb)

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dana untuk membeli mobil. Jangan terlalu memikirkan gengsi dengan membeli mobil yang cukup mahal dengan dana yang pas-pasan.

Pikirkan juga bahwa dana yang kamu keluarkan tak sebatas dana membeli mobil, tetapi juga biaya BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), biaya service, asuransi hingga pelunasan kredit jika masih tersisa kreditnya. Belum lagi pajak tahunan yang juga harus kamu pikirkan sedari awal.

2. Beli dari agen atau penjual tepercaya

5 Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan sampai Kamu Tertipu!ilsutrasi dua orang berjabat tangan (unsplash.com/officestock)

Jika kamu masih terlalu awam kamu bisa mencari agen penjualan mobil terpercaya. Cek riwayat penjualan mereka dan juga tingkat kepuasan pelanggannya. Kamu bisa mencari mobil bekas idaman yang sesuai keinginan dengan spesifikasi baik. Atau kamu juga bisa mencari penjual independen lainnya. Namun, pastikan kamu mengerti seputar masalah kendaraan dan orang tersebut juga bisa dipercaya, ya!

3. Pastikan untuk cek semua kondisi mobil dan lakukan test drive 

5 Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan sampai Kamu Tertipu!ilustrasi mengemudi mobil (unsplash.com/whykei)

Membeli mobil bekas memang sedikit lebih rumit dibanding dengan mobil baru. Kamu dituntut untuk bisa mengerti semua kondisi mobil, baik yang terlihat secara fisik maupun dari kondisi mesin di dalam mobil.

Oleh karenanya, lebih baik kamu membawa seseorang yang sudah sangat paham urusan mobil. Agar kamu tahu mobil tersebut masih layak untuk dibeli atau tidak. Jangan lupa pula untuk lakukan test drive untuk merasakan langsung keadaan mobilnya.

Baca Juga: Fakta Bursa Mobil Bekas, Mobil Keluarga Masih Jadi Idola

4. Periksa semua kelengkapan surat kepemilikan mobil 

5 Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan sampai Kamu Tertipu!ilustrasi menandatangi dokumen (unsplash.com/romaindancre)

Hal yang satu ini juga sama pentingnya dengan mengecek kondisi mobil. Pastikan semua kelengkapan surat sudah terpenuhi dengan sempurna. Baik dari STNK, BPKB, dan surat-surat penting lainnya.

Hal ini untuk meminimalkan pembelian mobil bekas dari hasil curian, bodong dan sebagainya. Kelengkapan surat juga menandakan bahwa mobil ini memang resmi dijual oleh pemiliknya.

5. Jangan lakukan transaksi apa pun sebelum semua hal terpenuhi 

5 Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan sampai Kamu Tertipu!ilustrasi menggunakan kartu kredit (unsplash.com/rupixen)

Ingat, jangan pernah bertransaksi apa pun ketika semua persyaratan belum terpenuhi. Hindari untuk mentransfer sejumlah uang ketika kamu belum melihat langsung fisik mobilnya dan juga surat-suratnya. Ini bertujuan untuk keamanan kedua belah pihak agar tak merasa ada yang tertipu.

Membeli mobil bekas memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang lebih. Tetapi itu semua demi keamanan dan kenyamanan kamu nantinya. Jadi, sudah siap beli mobil bekas?

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Terbaik Buat Jadi Mobil Pertamamu 

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya