Comscore Tracker

4 Tank Paling Mematikan di Dunia!   

Tank selalu memainkan peran penting dalam pertempuran darat

Jakarta, IDN Times - Tank selalu memainkan peran penting dalam petempuran darat. Sebab, selain kebal segala macam peluru, tank juga sangat mobile. Bahkan tank bisa menembus hampir semua varian jalan.

Gak mengherankan jika hampir semua negara berlomba menyempurnakan tank mereka. Nah, berikut 4 tank tempur tercanggih di dunia berdasarkan teknologi persenjataan, mobilitas, dan perlindungannya. 

1. Abrams M1A2 (Amerika Serikat)

4 Tank Paling Mematikan di Dunia!   Tank Abrams M1A2 Amerika Serikat (wikipedia)

Abrams M1A2 adalah tank tempur yang sudah terbukti dalam medan pertempuran ini dikembangkan oleh General Dynamics Land Systems untuk Angkatan Darat AS. Tank ini dirancang berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari kinerja M1A1 dan menggabungkan teknologi baru untuk menghasilkan daya tembak dan mobilitas yang unggul, sehingga menjadikannya salah satu tank tempur terbaik di dunia.

Meriam utama pada tank ini adalah meriam smoothbore 120mm XM256 yang dimuat secara manual, dan dapat menembakkan berbagai amunisi NATO terhadap kendaraan lapis baja, infanteri, dan pesawat terbang rendah. Tank ini juga dipersenjatai dengan dua senapan mesin 7,62 mm M240 dan senapan mesin 0,50 cal M2.

Tank Abrams M1A2 memiliki pelindung luar berbahan komposit eksterior berat dan pelindung uranium terbungkus baja di lambung depan dan turret yang menawarkan perlindungan tingkat tinggi kepada awaknya. Tank ini memiliki daya jelajah sejauh 426km dan dapat melaju dengan kecepatan maksimum 67,5km/jam.

Baca Juga: Pindad MV 4x4 Diperkenalkan Ke Publik, Berapa Harganya?

2. T-14 Armata (Russia)

4 Tank Paling Mematikan di Dunia!   Tank T-14 Armata (wallpaperbetter.com)

T-14 Armata adalah MBT Rusia generasi terbaru yang diproduksi oleh Uralvagonzavod (UVZ) untuk Angkatan Darat Rusia. Tank ini baru selesai produksi pada 2020. Meriam utama yang dipasang pada tank ini adalah meriam smoothbore 2A82-1M 125mm yang diisi oleh pemuat otomatis.

Terdapat pula persenjataan sekunder termasuk senapan mesin Kord 12,7 mm dan senapan mesin PKTM 7,62 mm. Tank ini dapat membawa 45 butir amunisi dan menembakkan peluru kendali laser. Sistem perlindungan aktif Afghanit (APS) di atas T-14 Armata dapat mendeteksi, melacak, dan menghadang peluru anti-tank yang mengarah ke tank tersebut.

Tank ini juga didukung oleh mesin diesel turbocharged A-85-3A yang menawarkan kecepatan maksimum 90km/jam dan jangkauan 500km.

3. Challenger 2 (Britania Raya)

4 Tank Paling Mematikan di Dunia!   Tank Challenger 2 (wikipedia)

Challenger 2 (CR2) adalah tank tempur utama milik Angkatan Darat Inggris dan Tentara Kerajaan Oman. MBT dirancang dan diproduksi oleh British Vickers Defense Systems (sekarang BAE Systems) yang mengambil basis dari tank Challenger 1. Dipromosikan sebagai tank tempur utama paling andal di dunia oleh produsennya, kemampuan Challenger 2 terbukti selama menjalani misi tempur di Bosnia, Kosovo, dan Irak.

Meriam L30 CHARM (CHallenger main ARMament) 120mm dari Challenger 2 memberikan daya tembak utama, sementara meriam rantai 7,62mm C-aksial dan senapan mesin 7,62mm yang dipasang di bagian atas berfungsi sebagai senjata sekunder. Mesin Perkins-Condor CV12 dari tangki memastikan kecepatan maksimumnya di jalan raya hingga 59km/jam dan kecepatan di medan off-road hingga 40km/jam.

4. Leopard 2A47+ (Jerman)

4 Tank Paling Mematikan di Dunia!   Tank Leopard 2 Jerman (wikipedia)

Leopard 2A7+ adalah tank tempur utama (MBT) generasi berikutnya yang diungkapkan oleh Krauss-Maffei Wegmann (KMW) pada tahun 2010. Versi terbaru ini memanfaatkan teknologi MBT Leopard 2 dan telah diadopsi oleh Bundeswehr (Tentara Jerman) untuk memimpin peperangan di daerah perkotaan, serta misi militer tradisional. Tank 2A7+ saat ini juga dikerahkan di Afghanistan oleh Kanada di bawah komando NATO.

Modul pelindung pasif yang terpasang pada tank ini menawarkan perlindungan menyeluruh dari rudal anti-tank, ranjau, alat peledak improvisasi (IED), dan tembakan RPG. Peluncur granat asap di kedua sisi turret mampu menyembunyikan tank dari pengamatan musuh. MBT dapat dilengkapi dengan attachment tambahan seperti bajak tambang, roller tambang, atau blade dozer untuk membersihkan ranjau dan rintangan. Tank yang sangat mobile ini memiliki kecepatan maksimum 72km/jam dan daya jelajah 450km.

Baca Juga: 5 Mobil Ini Setangguh Tank, Bisa Buat Harian Loh!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya