Comscore Tracker

Begini Cara Ampuh Mencegah Korosi Pada Bodi Mobil

Cara mudah dan tidak mahal

Jakarta, IDN Times - Karat merupakan musuh bagi semua barang berbahan besi, termasuk sasis dan sebagian bodi mobil. Karena itu sangat penting untuk menjaga mobil agar tidak berkarat.

Sebab karat akan membuat bodi dan sasis mobil menjadi rapuh dan tak sedap dipandang mata. Karena itu jangan biarkan ada karat di mobilmu ya, walau hanya setitik. Nah, berikut cara mencegah korosi pada mobil yang bisa kamu coba.

1. Cuci mobil kamu secara rutin

Begini Cara Ampuh Mencegah Korosi Pada Bodi Mobilgroupon.com

Cara paling mudah mencegah korosi pada mobil adalah dengan mencuci bodi mobil secara rutin. Gunakan shampo mobil berkualitas agar hasil bisa lebih maksimal dan tidak merusak cat mobil.

Kemudian hindari mencuci mobil di malam hari karena akan sulit kering dan udara yang lembab tidak baik bagi mobil saat berada dalam keadaan basah. Mencuci mobil jangan tunggu sampai mobil kotor, ya.

Baca Juga: Desainnya Retro Tapi Fiturnya Canggih, Mobil-mobil Ini Bikin Gemas!

2. Perbaiki permukaan cat mobil kamu

Begini Cara Ampuh Mencegah Korosi Pada Bodi Mobilinstagram.com/@sevenstarsbodyworks

Memperbaiki lapisan cat mobil itu penting. Lapisan cat mobil berfungsi untuk melindungi bodi mobil kamu dari benda yang bisa menyebabkan karat pada mobil. Periksa bagian mobil yang mengalami pengelupasan. Bagian mobil tersebut akan rentan mengalami korosi dan bisa menyebar ke seluruh permukaan.

3. Jangan lupa selalu bersihkan interior mobil

Begini Cara Ampuh Mencegah Korosi Pada Bodi Mobilpexels.com

Bersihkan interior mobil secara keseluruhan di setiap bagian interior mobil. Hal ini karena kelembapan, kotoran, dan cairan bisa menyebabkan karat. Jaga kondisi lantai mobil agar tetap bersih dan kering. Barang yang bisa menyebabkan korosi sebaiknya jangan disimpan di dalam mobil.

4. Gunakan aksesoris pencegah karat

Begini Cara Ampuh Mencegah Korosi Pada Bodi Mobilcars.com

Ada berbagai aksesoris mobil pencegah karat yang tersedia, misalnya dengan memasang mud guard pada bagian spakboard atau memasang karpet dek mobil dari bahan plastik.

Karpet berbahan plastik bisa mencegah air terbawa ke dalam kabin saat pengemudi atau penumpang masuk setelah menginjak genangan air dari luar.

Baca Juga: 5 Teknologi Ini Bakal Mengubah Tren Mobil, Goodbye Mobil Bensin!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya