Comscore Tracker

Harga Honda Freed Bekas, Masih Jadi Primadona Mobil Keluarga

Honda Freed pernah bersaing ketat dengan duo Avanza-Xenia

Jakarta, IDN Times - Honda Freed pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2008. Desain futurisik, fitur berlimpah, serta mesin yang cukup bertenaga menjadikan Freed mobil keluarga idaman.

Bahkan dibandingkan para pesaingnya seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Freed menawarkan kenyamanan yang lebih baik. Lihat saja fitur sliding door--nya yang sangat memudahkan akses masuk-keluar.

Namun entah kenapa penjualan mobil ini terus melorot yang membuat Honda akhirnya menghentikan produksi Freed pada 2016. Sejak itu tak lagi ada Freed baru yang beredar di Indonesia.

Namun kiprah Freed justru semakin berkibar setelah disuntik mati. Freed bekas jadi primadona di bursa mobil bekas sehingga harga secondnya menjadi sangat stabil. Nah, berikut fakta-fakta Honda Freed yang perlu kamu ketahui.

1. Honda Freed hadir dalam tiga varian

Harga Honda Freed Bekas, Masih Jadi Primadona Mobil Keluargaolx.co.id

Honda Freed hadir dalam tiga varian di Indonesia, yakni Freed A, Freed S, dan Freed E sebagai opsi paling tinggi. Masing-masing varian dibanderol dengan harga yang berbeda, tentu saja. Karena harganya berbeda, maka fitur pada ketiga varian tersebut juga berbeda. 

Honda Freed S dan Freed E misalnya dibekali pelek alloy. Kedua varian ini juga hadir dengan spion yang telah dilengkapi lampu sein. Bedanya, lampu spion pada Freed S hanya bisa dilipat secara manual. Sementara spion Freed E bisa diliapat secara electrik.

Ada pun varian A hanya mendapatkan pelek yang terbuat dari besi. Spion varian ini juga belum dilengkapi sein. Selain itu sliding door pada varian A juga hanya bisa dibuka secara manual. Makum saja, Freed A memang varian terbawah dan termurah.

Freed E adalah varian termahal dan telengkap. Varian ini hadir dengan dua sliding door di kiri dan kanan yang bisa dibuka secara elektrik. Sementara varian S hanya punya satu sisi sliding door yang bisa dibuka secara elektrik. 

Fitur yang terdapat pada Freed E lainnya antara lain headunit 6,1 inci dengan fitur Bluetooth dan USB, AC otomatis, serta heater, sabuk pengaman tiga titik di setiap baris, immobilizer, serta auto lock system dengan sensor kecepatan.

Baca Juga: Mobil-Mobil Ini Semakin Dicari Setelah Disuntik Mati

2. Dibekali mesin bertenaga

Harga Honda Freed Bekas, Masih Jadi Primadona Mobil Keluargaolx.co.id

Honda membekali Freed dengan mesin L15A 4-silinder segaris dengan 16 katup. Mesin dengan kapasitas 1.497 cc tersebut masih menggunakan teknologi SOHC yang bisa memuntahkan tenaga hingga 116 hp dengan torsi 146 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi otomatis konvensional (torque converter).

Secara mesin tidak ada yang keliru dengan L15A 4-silinder. Sebab Freed termasuk bertenaga untuk sebuah LMPV, meski tarikan awalnya agak terlalu halus. Mesin L15A 4-silinder juga cukup fenomenal karena juga digunakan di Honda Jazz. Sehingga perawatan dan suku cadang tidak akan pernah menjadi masalah. 

3. Harga Honda Freed bekas

Harga Honda Freed Bekas, Masih Jadi Primadona Mobil Keluargaolx.co.id

Sebelum disuntik mati, Honda Freed terbaru dijual mulai Rp226,5 jutaan sampai Rp284,5 jutaan. Berikut daftar lengkap harga barunya ketika itu:

Harga Honda Freed A Rp226,5 juta
Harga Honda Freed S Rp262,5 juta
Harga Honda Freed E Rp284,5 juta

Tapi kini kamu hanya bisa membeli Honda Freed di bursa mobil bekas. Untungnya harga Freed kini sudah relatif terjangkau. Kamu bisa membeli Honda Freed bekas dengan harga mulai Rp110 jutaan. Semakin baik kondisinya, semakin muda usianya, semakin mahal pula harganya.

Baca Juga: Mobil-mobil Imut Tapi Gesit, Harga Bekasnya Kurang dari Rp100 Juta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya