Comscore Tracker

Fakta Menarik Toyota Prius, Pionir Mobil Hybrid Modern

Mobil hybrid pertama di Indonesia

Jakarta, IDN TIMES - Toyota Prius merupakan mobil hybrid pertama yang dipasarkan di Indonesia. Toyota sudah mengembangkan mobil hybrid ini sejak 1990an awal.

Saat itu publik menanggapinya dengan cibiran, karena dianggap tidak ideal di tengah penggunaan pembakaran mesin ideal secara besar-besaran.

Namun, konsistensi dan inovasi yang dilakukan oleh Toyota menghasilkan mobil hybrid modern pertama di dunia, Prius. Berikut adalah fakta menarik seputar Toyota Prius.

1. Berawal dari konsep mobil ramah lingkungan

Fakta Menarik Toyota Prius, Pionir Mobil Hybrid Moderntoyota.com

Awal mula perjalanan Toyota Prius dimulai sejak 1993 silam. Saat itu, Toyota berencana menciptakan mobil yang ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar yang baik serta rendah emisi.

Akhirnya, para insinyur Toyota mulai merancang mobil ini dan kemudian diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show 1995 dengan nama Prius. Toyota Prius generasi pertama diluncurkan pada 1997 dan mendapatkan banyak penghargaan, seperti Car of The Year Japan Award.

Baca Juga: Sri Mulyani Ajukan 2 Skema Revisi Tarif PPnBM Mobil Listrik dan Hybrid

2. Mobil Hybrid pertama di Indonesia

Fakta Menarik Toyota Prius, Pionir Mobil Hybrid Moderncarscoops.com

Toyota Prius pertama kali hadir di Indonesia pada 2009 sebagai bentuk ketertarikan Toyota pada industri Electric Vehicle (EV) di Tanah Air. Untuk itu Presiden Toyota, Akio Toyoda, mengumumkan akan menambah nilai investasi di Indonesia sebesar Rp 28,3 triliun selama lima tahun kedepan, terutama untuk mengembangkan EV.

Menurutnya, salah satu alasan mengapa Toyota meningkatkan nilai investasinya karena Indonesia akan menjadi produsen utama untuk elemen inti baterai milik EV. Negara kita memang memiliki cadangan biji nikel laterit dalam kuantitas besar, sehingga banyak produsen mobil, termasuk Toyota, yang tertarik untuk berinvestasi.

3. Sudah lahir empat generasi

Fakta Menarik Toyota Prius, Pionir Mobil Hybrid Moderntoyota.com

Toyota Prius diproduksi pertama kali pada 1997 silam. Setelah sukses dengan generasi pertamanya, Toyota kembali merilis Prius generasi kedua di gelaran New York International Auto Show pada 2003.

Di generasi yang kedua, Prius sudah tidak mengusung bodi sedan, tetapi hadir dengan liftback. Setelah sukses, Toyota kemudian merilis Prius generasi ketiga di ajang North American International Motor Show 2009. Saat itu, Toyota melakukan taktik bisnis yang cukup mencengangkan, yaitu memangkas harga Prius untuk menggempur eksistensi pesaingnya, Honda Insight.

Baru pada 2015, Toyota Prius generasi keempat hadir. Prius generasi keempat diklaim jauh lebih ringan dan sudah memiliki teknologi yang canggih.

4. Peminatnya semakin banyak

Fakta Menarik Toyota Prius, Pionir Mobil Hybrid Moderntoyota.com

Selama satu dekade Toyota Prius hadir di Indonesia, semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan EV yang satu ini. Permintaan mobil hybrid pun pada akhirnya mengalami pertumbuhan, yaitu sekitar 30 unit dalam sebulan.

Ini menjadi bukti bahwa Toyota telah sukses memasarkan dan meningkatkan perhatian seputar mobil hybrid. Namun, ada banyak masyarakat yang belum mengenal apa itu mobil hybrid serta manfaat yang digunakan. Harapannya adalah semakin lama, mobil listrik semakin dikenal dan penggunaannya meluas ke penjuru kota di Tanah Air.

Baca Juga: 50 Tahun Toyota di Indonesia, Ini 5 Fakta Unik di Balik Toyota Kijang

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya