Comscore Tracker

Bau Rokok Susah Hilang dari Kabin Mobil? Lakukan 4 Cara Ini

Cara mudah yang tidak mengeluarkan banyak tenaga dan materi

Jakarta, IDN Times - Kenyamanan pengemudi saat berkendara ditentukan oleh banyak faktor. Selain fitur dan teknologi pada mobil tersebut, kondisi di dalam kabin juga turut mempengaruhi. Salah satunya adalah bau tidak sedap seperi bau rokok di mobil 

Aroma asap rokok bisa mengganggu siapa saja, terutama bagi seseorang yang sensitif. Untuk itu, berikut adalah empat tips dalam menghilangkan bau asap rokok di dalam mobil.

1. Buang semua abu sisa rokok dari kabin

Bau Rokok Susah Hilang dari Kabin Mobil? Lakukan 4 Cara Iniwhichcar.com.au

Keberadaan tong sampah kecil di dalam mobil memang penting. Tetapi jika kamu selalu merokok dan membuang puntung ke dalam tong tersebut, maka bau rokok akan tetap menempel. Makanya kamu perlu membuang isi dalam tong sampah setiap hari. 

Setelah semua sampah puntung dan abu rokok sudah dibuang, langkah berikutnya adalah membersihkan interior mobil menggunakan cairan pembersih khusus mobil yang bisa kamu temukan di toko aksesori mobil. Bersihkan bagian jok, langit-langit, hingga karpet mobil, tempat bau rokok menempel.

Baca Juga: Tips Mudah Mencuci Jok Mobil, Beda Bahan Beda Caranya

2. Gunakan penghilang bau berbahan enzim

Bau Rokok Susah Hilang dari Kabin Mobil? Lakukan 4 Cara Iniinstagram.com/mode.scnt

Jika cara pertama tidak kunjung berhasil, maka kamu bisa menggunakan penghilang bau berbahan enzim. Ada banyak produk yang tersedia di pasaran, namun untuk mendapatkannya kamu perlu merogoh kocek yang dalam. Ya, pengharum ini tidaklah murah. Namun dengan kandungan enzim, hasil yang kamu dapatkan jauh lebih baik.

3. Membersihkan sistem sirkulasi mobil

Bau Rokok Susah Hilang dari Kabin Mobil? Lakukan 4 Cara Inipixabay.com/MikesPhotos

Bau asap rokok tidak hanya menempel pada kabin mobil saja, tetapi juga merembet masuk ke dalam sistem sirkulasi. Oleh karena itu, kamu juga harus membersihkannya.

Untuk bisa membersihkan saluran sirkulasi, kamu bisa memarkirkan mobil di tempat terbuka. Nyalakan mesin dengan keadaan pintu terbuka seluruhnya. Tunggu beberapa menit agar bau rokok bisa keluar dari dalam. Pastikan juga tidak ada bau rokok di dalam AC mobil.

4. Gunakan bahan-bahan alami

Bau Rokok Susah Hilang dari Kabin Mobil? Lakukan 4 Cara IniKopi diyakini memiliki efek menyehatkan (IDN Times/Umi Kalsum)

Terakhir, kamu bisa gunakan bahan-bahan alami untuk mengusir bau tidak sedap akibat asap rokok. Bahan-bahan tersebut antara lain bubuk kopi, kulit jeruk, teh celup, cuka, arang, hingga baking soda. Masing-masing mempunyai cara penggunaan yang berbeda.

Untuk bubuk kopi, kulit jeruk, cuka, dan teh celup, kamu cukup menaruhnya di dalam kabin mobil saja. Bisa ditaruh di wadah kecil atau khusus teh celup bisa digantung pada bagian spion tengah. Untuk baking soda, kamu bisa menaburkannya ke bagian karpet penumpang. Sedangkan untuk arang sendiri, kamu harus memotongnya menjadi bagian kecil, kemudian taruh di sudut-sudut kabin mobil. Diamkan beberapa hari agar bisa mendapat hasil yang maksimal.

Setelah kabin mobil terbebas dari bau rokok, sebaiknya jangan merokok lagi di dalam mobil ya!

Baca Juga: Gaji Rp5 Jutaan Bisa Kredit Daihatsu Ayla, Begini Hitung-hitungannya

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya