Comscore Tracker

Menengok Mobil Bertenaga Uap, Cikal Bakal Kendaraan Modern 

Pernah populer sebelum mobil bensin diciptakan

Jakarta, IDN Times - Mobil tidak ditemukan dalam satu malam saja. Sebaliknya, sejarah mobil mencerminkan evolusi yang terjadi di seluruh dunia, dengan hasil dari lebih dari 100.000 paten dari beberapa penemu.

Ada proses yang sangat panjang dan rumit di balik kehadiran mobil, dimulai dari rancangan pertama untuk kendaraan bermotor yang telah disusun oleh Leonardo da Vinci dan Isaac Newton. Namun, penting untuk diingat bahwa kendaraan praktis paling awal ditenagai oleh uap.

1. Kendaraan berbasis uap ditemukan insinyur asal Prancis

Menengok Mobil Bertenaga Uap, Cikal Bakal Kendaraan Modern Kendaraan uap pertama (pinterest.com)

Pada tahun 1769, kendaraan self-propelled pertama adalah traktor militer yang ditemukan oleh insinyur dan mekanik Prancis, Nicolas Joseph Cugnot. Nicolas menggunakan mesin uap untuk menyalakan kendaraannya, yang dibangun di bawah instruksinya di Paris Arsenal. Mesin uap beserta ketelnya terpisah dari kendaraan lainnya yang ditempatkan di bagian depan.

Kendaraan ini digunakan oleh Angkatan Darat Prancis untuk mengangkut artileri dengan kecepatan 2 dan 1/2 mph hanya dengan tiga roda. Kendaraan ini bahkan harus berhenti setiap sepuluh sampai lima belas menit untuk memproduksi kembali tenaga uap. Tahun berikutnya, Cugnot membangun sepeda roda tiga bertenaga uap yang dapat mengangkut empat penumpang.

Baca Juga: Sejarah Ajang Balap Formula 1, Ternyata Bergulir dari Paris

2. Mobil bertenaga uap butuh perawatan ekstra

Menengok Mobil Bertenaga Uap, Cikal Bakal Kendaraan Modern Kendaraan bertenaga uap (marybakereddylibrary.org)

Mobil bertenaga uap sangat digemari oleh kalangan penggemar otomotif saat itu. Tenaga uap menjadi populer karena aman, andal, dan familiar, mengingat banyak transportasi seperti lokomotif dan kapal yang menggunakan uap. 

Tetapi mobil uap membutuhkan perawatan dan perhatian yang konstan. Selain itu, mobil uap juga butuh waktu hingga 30 menit untuk bisa nyala. Ketel pembakaran otomatis memang dapat memecahkan masalah ini, tetapi pada akhirnya kalah dengan mesin bensin yang lebih efisien dan mulai mendominasi pasar, sehingga membuat mobil uap mulai ditinggalkan.

3. Kendaraan tanpa kuda

Menengok Mobil Bertenaga Uap, Cikal Bakal Kendaraan Modern Mobil uap Amerika Serikat (thehenryford.org)

Kendaraan ini merupakan mobil tertua asal Amerika Serikat yang masih ada. Pada tahun 1860-an, Sylveter Roper membangun kereta uap kecil yang melaju dengan tenaganya sendiri tanpa menggunakan kuda. Penemuan ini sangat mengejutkan banyak orang sehingga menjadi atraksi yang menarik pada saat itu. Kendaraan ini berhasil tercipta berawal dari rasa ingin tahu. Pada saat penemunya meninggal dunia pada tahun 1896, para inovator baru lantas mengubah kereta tanpa kuda dari sekedar cetak biru menjadi kendaraan praktis yang siap digunakan.

Ahli mesin Massachusetts Sylvester Roper membangun setidaknya tujuh gerbong bertenaga uap dan dua sepeda motor bertenaga uap selama bertahun-tahun sebelum mobil seperti yang kita kenal diciptakan untuk pertama kalinya. Roper tidak pernah memproduksi kendaraannya secara komersial. Sebaliknya, ia memamerkannya di sirkus dan pameran di mana orang banyak mengagumi alat self-propelled tersebut. Kapal uap dan lokomotif uap saat itu menjadi hal yang biasa, tetapi kereta tanpa kuda bertenaga uap menjadi penemuan yang benar-benar baru.

4. Sempat populer di Amerika Serikat

Menengok Mobil Bertenaga Uap, Cikal Bakal Kendaraan Modern Iklan Kendaraan Uap di Amerika Serikat (thehendryfor.org)

Perusahaan Kendaraan Uap Amerika, yang beroperasi dari tahun 1900 hingga 1902, menamai model "Reading" bertenaga uapnya untuk menghormati Reading, Pennsylvania, tempat mobil itu dibuat.

Iklan ini mempromosikan daya tahan dan desain Reading. Ini juga memuji pengoperasian model yang tenang dan knalpot yang minimal -- dua keunggulan yang tidak dimiliki oleh mobil bertenaga bensin pada saat itu.

Baca Juga: Sejarah Balap Rally, Mini Salah Satu Pionernya!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya