Comscore Tracker

Step by Step Membersihkan Evaporator AC Mobil

Penyebab AC mobil menjadi tidak sejuk

Jakarta, IDN Times - Apa jadinya jika AC mobil mendadak rusak? Sudah pasti menyetir bakalan jadi gak nyaman. Sebab suhu di luar sekarang ini cukup panas, sekitar 30-32 derajat celcius. Sehingga menyetir tanpa AC bakal serasa dipanggang.

Karena itu sangat penting menjaga dan merawat AC mobil. Salah satu bagian AC yang harus diperhatikan adalah evaporator. Bagian ini bertugas mengembuskan udara dingin ke kabin. Sayangnya bagian ini kerap bermasalah.

Masalah pada evaporator seringkali dipicu oleh kotoran yang mengendap sehingga kinerja AC menjadi menurun, suhu yang diembuskan pun menjadi tidak dingin. Untuk itu, kamu harus segera membersihkan evaporator AC. 

1. Buka evaporator atau filter AC

Step by Step Membersihkan Evaporator AC Mobililustrasi AC mobil kotor(wuling.id)

Sebelum mulai membersihkan evaporator, alangkah baiknya untuk mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti sikat gigi bekas dan cairan pembersih. Kemudian, cari letak evaporator mobil kamu.

Biasanya evaporator terletak di bawah atau belakang dasbor. Jika masih belum menemukan evaporator, sebaiknya baca buku panduan dengan teliti untuk mengetahui informasi terkait mesin mobil.

Selanjutnya, buka filter AC secara perlahan. Jika filter AC sudah kotor, maka sebaiknya ganti dengan filter AC yang baru. Namun jika kotoran yang menempel masih sedikit, sebaiknya gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian tersebut.

Baca Juga: Mobil-mobil KW Ini Desainnya Mirip Banget Aslinya

2. Hidupkan mesin mobil dan semprotkan cairan pembersih

Step by Step Membersihkan Evaporator AC Mobilmerdeka.com

Buka ventilasi AC dan kaca mobil agar mendapat sirkulasi udara dari luar masuk ke dalam kabin. Hidupkan mesin mobil agar AC juga ikut menyala. Putar suhu AC ke tingkatan yang paling tinggi dan tiupan blower yang paling kencang. Ini bertujuan untuk memeriksa apakah putaran blower sudah maksimal atau belum. Jika masih pelan, periksa kembali filter AC-nya. 

Bila sudah tidak ada kendala, semprotkan cairan pembersih ke bagian bawah blower sampai habis agar filter AC segera bersih. Biarkan semua busa cairan tersebut mengeluarkan air dari ventilator AC.

3. Bersihkan air dari lubang ventilator

Step by Step Membersihkan Evaporator AC Mobilpixabay.com/MikesPhotos

Saat busa cairan mulai keluar dari ventilator AC, diamkan mesin mobil kurang lebih 10 sampai 15 menit. Pastikan tidak ada air yang tersisa di bagian ventilator. Bersihkan air yang keluar dengan menyapu air tersebut ke selokan.

Setelah mendiamkan mesin selama 15 menit, masuklah ke dalam kabin dan rasakan apakah suhu udara masih dingin atau tidak. 

Baca Juga: Mobil-Mobil Ini Semakin Dicari Setelah Disuntik Mati

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya