Comscore Tracker

Tranformasi 5 Generasi Honda CR-V, SUV Tangguh Tapi Nyaman 

Sudah 20 tahun lamanya Honda CR-V mengaspal di Tanah Air

Jakarta, IDN Times - Honda CR-V menjadi salah satu SUV terlaris di Indonesia. Sejak pertama kali diperkenalkan awal tahun 2000, CRV kini telah terjual sebanyak 213.241 unit.  Selama periode tersebut CR-V telah mengalami lima kali mengalami ubahan dan setiap ubahan disertai dengan desain dan fitur terkini. 

Meski mengalami beberapa kali ubahan, namun ada dua hal yang selalu dipertahankan Honda pada CR-V, yakni ketangguhan dan kenyamanan. Sebab Honda CR-V menggunakan sasis monocoque yang tangguh tapi nyaman. Berbeda dengan dua pesaingnya, yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero, yang menggunakan sasis ladder frame. 

 Nah, berikut evolusi Honda CR-V dari masa ke masa.

1. Honda CR-V RD1 (2000)

Tranformasi 5 Generasi Honda CR-V, SUV Tangguh Tapi Nyaman Honda CR-V RD1 (FavCars.com)

Walau hadir di Indonesia pada awal milenium, sebenarnya Honda CR-V sudah diperkenalkan sejak 1995, loh. Jadi umur model generasi pertama yang kita dapat sudah di penghujung usianya, yakni dua tahun saja.

Desain mobil ini terlihat mengotak, namun di setiap sudutnya dibuat lebih lembut. Dengan tampilan seperti ini membuat Honda CR-V menjadi SUV yang garang namun tetap menunjukkan tampilan sportynya. 

Khusus edisi dalam negeri, Honda menambahkan dua bangku di area bagasi. Ini membuat Honda CR-V menjadi salah satu pionir mobil compact SUV 7-seater.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Morris Garage HS Jadi SUV Pilihan

2. Honda CR-V RD2 (2002)

Tranformasi 5 Generasi Honda CR-V, SUV Tangguh Tapi Nyaman Honda CR-V RD2 (wikipedia)

Setelah cukup sukses dengan generasi pertamanya, Honda melahirkan CR-V generasi berikutnya. Desainnya terlihat lebih lega dari sebelumnya. Pada bagian depannya, terlihat lampu vertikal yang lebih modern. Sedangkan pada bagian belakangnya terpasang ban serep sebagai ciri khas mobil SUV.

Awalnya, Honda CR-V generasi kedua dibekali mesin berkode K20A berkapasitas 2.000 cc dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Namun Honda memberikan pilihan unit tambahan dengan mesin berkode K24A1 berkapasitas 2.400 cc plus transmisi otomatis.

3. Honda CR-V RE (2007)

Tranformasi 5 Generasi Honda CR-V, SUV Tangguh Tapi Nyaman motoroads.com

Pada unit ini, Honda melakukan sejumlah perubahan, terutama pada segi desain. Bentuk mobil ini terlihat lebih membulat dari sebelumnya. Tidak ada sudut tajam atau mengotak. Honda hanya meninggalkan lampu belakang vertikal sebagai ciri khasnya. Walau begitu, mobil ini masih terlihat gahar. 

Honda memberikan dua pilihan mesin, yakni 2.0 liter dan 2.4 liter. Untuk mesin 2.0 liter sendiri diberikan opsi transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 5-percepatan. Sedangkan untuk tipe tertingginya hanya memiliki transmisi otomatis saja.

4. Honda CR-V RM (2012)

Tranformasi 5 Generasi Honda CR-V, SUV Tangguh Tapi Nyaman Honda CR-V RM (drivemag.com)

Pada generasi keempat ini masih membawa pengaruh dari generasi sebelumnya. Lekukan masih bisa kita temukan di bagian profil kaca samping, namun pada beltline-nya sudah dibuat lancip. Sementara itu, grill mobil ini membesar, dengan foglamp di bagian bawahnya.

Untuk performanya, Honda CR-V RM sudah dibekali mesin dua pilihan mesin, yakni mesin 2.0 L R20A dan 2.4 L K24Z. Dengan ini Honda CR-V RM mampu menghasilkan tenaga hingga 150 Hp untuk tipe 2.0 liter dan 190 Hp untuk tipe 2.4 liter.

5. Honda CR-V RW (2017)

Tranformasi 5 Generasi Honda CR-V, SUV Tangguh Tapi Nyaman motor1.com

Honda membawa perubahan bagi CR-V, menjadi SUV ini sebagai mobil yang canggih. Desainnya mengikuti generasi terdahulu dengan garis lurus dan bersudut. Terlihat batang kromium yang berhimpit menghiasi grille dan tersambung ke lampu LED. Mobil ini tampil lebih premium dengan hiasan aksen krom di berbagai sudutnya.

Honda CR-V RW menggendong mesin 1.500 cc saja. Di atas kertas memanglah kecil, namun output-nya boleh diadu dengan mobil 2.400 cc. Generasi terbaru CR-V mampu menyemburkan tenaga hingga 190 Hp dan torsi 240 Nm. Hampir sama dengan model sebelumnya bukan?

Baca Juga: 5 Mobil SUV Bekas Pilihan, Harganya Gak Sampai Rp50 Juta  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya