Comscore Tracker

Electric Power Steering pada Setir Mobil: Fungsi dan Cara Memperbaiki

Fitur untuk meringkan kerja setir mobil

Jakarta, IDN Times - Perkembangan teknologi mobil terus dimaksimalkan, seperti menyematkan fitur modern guna mempermudah aktivitas berkendara. Terbaru, banyak perusahaan mobil memasang electric power stering (EPS) pada produk andalannya.

Electric power stering sendiri merupakan sebuah fitur untuk meringankan kinerja lingkar kemudi pada mobil, jadi pengemudi akan merasa lebih enteng saat menyetir. Nah, buatmu yang penasaran fungsi komponen electric power stering, simak ulasan berikut.

1. Modul electric power stering

Electric Power Steering pada Setir Mobil: Fungsi dan Cara Memperbaikiilustrasi menyetir mobil (pexels.com/UHGO)

Modul sensor pada electric power stering difungsikan untuk mengelola data sensor yang berada di sudut lingkar kemudi dalam mengatur kinerja sistem EPS. Kerusakan sistem ini jarang terjadi, karena terletak di bagian dalam dashboard sehingga lebih aman.

2. Motor electric power stering

Electric Power Steering pada Setir Mobil: Fungsi dan Cara Memperbaikiilustrasi setir mobil (unsplash/tobias a. müller)

Komponen electric power stering bertugas mengatur arus listrik dalam memberikan tenaga motorik untuk menggerakkan putaran di steering shaft. Ini juga disesuaikan pembacaan data sensor, sehingga kemudi mobil akan lebih enteng saat digunakan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Harus Pakai Cover Setir, Bukan Cuma Demi Kenyamanan

3. Rack steer

Electric Power Steering pada Setir Mobil: Fungsi dan Cara Memperbaikisetir mobil (roadandtrack.com)

Sensor rack steer akan meneruskan gerakan dari motor electric power stering pada roda. Namun, komponen satu ini pun kerap bermasalah ketika pinion dan rack tidak bergerak sempurna. Permasalahan tersebut, biasanya ditandai bunyi retakan ketika mobil melaju di jalan yang gak rata.

4. Cross joint steering rack

Electric Power Steering pada Setir Mobil: Fungsi dan Cara Memperbaikiilustrasi setir mobil (unsplash.com/Ildar Garifullin)

Cross joint steering rack berfungsi menyalurkan putaran dari electric power stering ke rack steering. Ini akan membuat kinerja sensor pada kemudi mobil lebih optimal dan mudah dioperasikan. Namun, perhatikan bagian sambungan keduanya karena mudah rusak.

Cara memperbaiki electric power steering yang berat

Electric Power Steering pada Setir Mobil: Fungsi dan Cara MemperbaikiIDN Times/Dwi Agustiar

Setelah paham electric power stering, kamu juga harus tahu cara memperbaiki EPS dengan tepat, dong. Pasalnya, jika terjadi kesalahan penanganan justru akan membuat kerusakan makin parah. Terlebih, EPS ini pun akan terasa berat seiring berjalannya waktu. Untuk itu, simak cara memperbaiki electric power stering berikut ini.

1. Mengganti sikat steering baru

Sikat streering jadi komponen penting dalam sistem electric power stering. Sayangnya, bagian ini sering mengalami kerusakan. Oleh karenanya, kamu harus sering untuk memeriksanya, diganti baru, atau dibersihkan. Jika masalah sikat streering gak diatasi, bisa buat rusak permanen.

2. Lakukan pengaturan pada electric power stering

Cara memperbaiki EPS selanjutnya adalah melakukan pengaturan ulang pada EPS yang bermasalah. Namun, pastikan dulu setting-an terakhir sistem EPS, apakah manual atau otomatis.

3. Periksa sekring power

Jika sudah dilakukan setting-an ulang pada sistem EPS, tetapi gak kunjung terjadi perubahan, silakan periksa bagian sekring motor power. Komponen ini berada di fuse box di dalam ruang mesin. Jika benar sekring power bermasalah, bongkar, dan perbaiki.

4. Perhatikan kondisi kabel pada diagram sekring

Dalam memperbaiki sistem electric power steering kerap dibutuhkan kesabaran, terlebih saat memeriksa kondisi kabel pada diagram sekring. Kamu harus memerhatikan bagian per bagian jika terjadi ada kabel yang rusak atau terputus, segera ganti atau sambungkan.

5. Aktifkan dinamo alternator

Terakhir, aktifkan dinamo alternator agar electric power steering mendapat arus listrik untuk menggerakkan komponen  kendaraan. Sayangnya, cara satu ini hanya bisa dilakukan jika poin pertama hingga keempat di atas berhasil dipraktikkan.

Nah, itulah fungsi dari komponen sensor electric power stering di setir mobil. Meskipun teknologi pada mobil makin canggih, tetapi tetap lakukan servis berkala, ya. Ini penting, agar semua komponen mobil bekerja optimal.

Nah, buatmu yang butuh informasi otomotif lainnya telusuri di IDN Times, ya. Sebab, semua yang kamu butuhkan ada di sini. 

Baca Juga: Cara Merawat Setir Mobil

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya