Comscore Tracker

Shell Super vs Pertamax, Mana yang Lebih Unggul?

Bisa jadi pertimbangan sebelum membeli BBM

Jakarta, IDN Times - Produsen Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia gak hanya Pertamina, ada juga Shell. Kedua produsen BBM ini, sebenarnya memiliki nilai RON yang sama pada spesifikasi bahan bakarnya.

Pertamax merupakan produk unggulan Pertamina, sedangkan Shell mengeluarkan shell super untuk BBM teratasnya. Buatmu yang masih bingung bahan bakar mana yang paling baik, simak ulasan shell super vs pertamax di bawah ini.

Hasil uji emisi

Shell Super vs Pertamax, Mana yang Lebih Unggul?knalpot mobil (pexels.com/khunkorn laowisit)

Pada dasarnya, baik shell super atau pertamax memiliki nilai RON sama tinggi. Untuk lolos uji emisi, kedua BBM ini harus memiliki nilai maksimal HC sebesar 200 ppm. Nah, pada hasil uji emisi ini, shell super menghasilkan nilai HC 9 ppm, sedangkan pertamax 10 ppm.

Berdasar hal tersebut, shell super dan pertamax tentu dinyatakan lolos pada pengujian emisi. Di samping itu, baik shell super dan pertamax, keduanya menghasilkan gas CO sebanyak 0 persen, lho. Jadi, sama-sama recommended untuk dibeli, ya.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Perbedaan Pertamax dan Pertalite

Konsumsi bahan bakar

Shell Super vs Pertamax, Mana yang Lebih Unggul?ilustrasi isi bahan bakar mobil (pexels.com/mike110844)

Untuk tahu keoptimalan konsumsi bahan bakar shell super vs pertamax, dilakukan sebuah pengujian menggunakan mobil dengan kondisi serta jarak tempuh yang sama. Pada hasil ujinya, shell super berada pada nilai 16,8 km per liternya. Sementara, pertamax menghasilkan angka 17,1 km per liter. Nah, dari sini dapat diketahui bahwa bahan bakar dari Shell lebih unggul.

Performa mesin

Shell Super vs Pertamax, Mana yang Lebih Unggul?Speedometer mobil (unsplash/Jay R)

Perihal performa mesin oleh shell super vs pertamax, dilakukan pula uji coba dengan  mobil berspesifikasi sama. Nah, mobil yang menggunakan BBM shell super menghasilkan nilai torsi 97,3 Nm dengan tenaga 73,9 hp. Sementara, laju mobil menggunakan pertamax dihasilkan angka torsi bernilai 98,4 Nm dan tenaga sebesar 75,3 hp.

Dalam uji performa mesin tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan bakar pertamax dinyatakan unggul daripada shell super.

Nah, itulah sekilas perbandingan keunggulan shell super vs pertamax. Kedua BBM ini punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Namun, keduanya masih sangat worth it untuk dibeli.

Buatmu yang ingin tahu informasi dunia otomotif lainnya, silakan cek IDN Times. Masih banyak informasi lain, yang berguna untuk perawatan kendaraanmu. 

Baca Juga: Harga Bahan Bakar Naik, 5 Cara Menghemat BBM dalam Berkendara 

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya