Comscore Tracker

Mengenal 'Black Box' Mitsubishi Pajero Sport Vanessa Angel

Black box mobil Vanessa Angel dikirim ke Jepang

Jakarta, IDN Times - Tahukah kamu kalau mobil ternyata juga memiliki black box atau kotak hitam seperti di pesawat? Black box tersebut juga memiliki fungsi mencatat beragam data yang terjadi di mobil sehingga bisa digunakan untuk menginvestigasi kecelakaan.

Baru-baru ini, black box mobil menjadi pembicaraan setelah kepolisian menginvestigasi kasus kecelakaan Mitsubishi Pajero Sport milik selebritas Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah pada awal November silam.

Black box itu dikirim ke Jepang untuk menguak rekaman Mitsubishi Pajero Sport.

"Alatnya (mobil) sudah dikirim ke Jepang. Kayak kotak hitam gitu kalau di pesawat," kata Kasatlantas Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto, saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Menguak Rekaman Kecelakaan Vanessa, Black Box Mobil Dikirim ke Jepang

1. Kotak hitam di mobil tersemat di ECU

Mengenal 'Black Box' Mitsubishi Pajero Sport Vanessa AngelIlustrasi kotak hitam. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kotak hitam di mobil tersemat pada Electronic Control Unit (ECU). Namun, tidak semua mobil bisa memiliki benda tersebut. Tergantung jenis mobil dan ECU yang digunakannya.

Ada beberapa data yang bisa diambil dari benda tersebut dan lagi-lagi tergantung dari fitur mobilnya juga. Data tersebut di antaranya berupa kecepatan terakhir, putaran mesin hingga bukaan derajat Throttle Position Sensor (TPS), jika mobil yang dimaksud sudah menggunakan sistem drive by wire dan bukan memakai kabel gas biasa.

Baca Juga: Perbedaan Fitur dan Spesifikasi Varian New Pajero Sport, Sudah Tahu?

2. ECU bisa jadi alat bukti investigasi kepolisian

Mengenal 'Black Box' Mitsubishi Pajero Sport Vanessa AngelMobil yang ditumpangi artis Vanessa Angel bersama suaminya Febri Andriansyah mengalami kecelakaan di Tol Jombang, Jawa Timur KM 672. (dok. IDN Times/Istimewa)

ECU memang bisa menjadi alat bukti investigasi kepolisian. Sebagian dari kita mungkin ingat kasus kecelakaan yang menimpa anak Ahmad Dhani, yakni Dul Jaelani delapan tahun silam?

Kala itu, Dul yang mengendarai Mitsubishi Lancer EX hitam mengalami kecelakaan di Tol Jagorawi. Melalui EDC, data yang terkumpul berhasil mencatat data terakhir berupa kecepatan berhenti pada 85 km per jam.

Kecepatan tersebut merupakan saat mobil menabrak yang artinya kecepatan saat sebelum terjadinya tabrakan jauh lebih tinggi daripada itu.

Berkaca dari kasus tersebut, ada kemungkinan kotak hitam pada ECU Mitsubishi Pajero Sport yang dibawa ke Jepang bisa mengungkap kasus kecelakaan Vanessa Angel dan suaminya.

3. Tidak semua ECU bisa menyimpan data perjalanan

Mengenal 'Black Box' Mitsubishi Pajero Sport Vanessa Angelriderchris.com

ECU memang bisa menyimpan data perjalanan mobil namun tidak semua ECU memiki kemampuan ini. Hanya mobil-mobil tertentu yang dibekali ECU dengan kemampuan merekam data perjalanan, Mitsubishi Pajero Sports salah satunya.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia belum memberikan komentar soal black box Pajero Sport Vanessa Angle yang dikirim ke Jepang. 

Baca Juga: Daftar Perbedaan Fitur Empat Varian Mitsubishi Pajero Sport

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya