Menguak Rekaman Kecelakaan Vanessa, Black Box Mobil Dikirim ke Jepang

Hasil rekaman untuk keterangan saksi ahli

Jombang, IDN Times - Polisi telah mengambil data di mobil pajero sport yang mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Tol Jombang KM 672+300 masuk Desa Pucangsimo, Kecamatan BandarKedungmulyo, Kamis (4/11/2021) siang, pekan lalu. Kecelakaan tragis tersebut menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah alias bibi. Pengambilan data pada kendaraan yang kini berada di kantor Satlantas Polres Jombang itu untuk melengkapi keterangan saksi ahli.

Baca Juga: Mengenal 'Black Box' Mitsubishi Pajero Sport Vanessa Angel

1. Black box mobil Vanessa dikirim ke Jepang

Menguak Rekaman Kecelakaan Vanessa, Black Box Mobil Dikirim ke JepangKasatlantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Data yang diambil dari mobil Pajero Sport milik artis Vanessa itu sejenis black box atau kotak hitam. Setelah diambil, black box itu di kirim ke Jepang. Tujuannya, seperti layaknya pesawat, polisi hendak menguak ‘rekaman’ mobil yang merenggut nyawa Vanessa dan Bibi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto, pihaknya telah mengirimkan benda semacam alat perekam layaknya black box di pesawat, milik mobil Pajero. Rekaman mobil itu yang saat ini masih ditunggu polisi, untuk melengkapi berkas kasus kecelakaan tersebut.

“Alatnya (mobil) sudah dikirim ke Jepang. Kayak kotak hitam gitu kalau di pesawat,” kata Rudi dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Selasa (16/11/2021).

2. Dari rekaman mobil itu bisa diketahui tentang air bag sampai kecepatan

Menguak Rekaman Kecelakaan Vanessa, Black Box Mobil Dikirim ke JepangPolisi memeriksa kendaraan Vanessa di Satlantas Polres Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Ia menjelaskan, dari kotak hitam itu nantinya akan didapatkan kejelasan mengenai fungsi-fungsi fitur mobil yang saat itu digunakan oleh Vanessa Angel dan keluarga. Ia menyebut, mobil yang dipakai oleh Vanessa itu adalah mobil bekas.

“Dari kotak hitam itu, nanti akan diterangkan mengenai kecepatan, fungsi dalam mobil, air bag, ban nya gimana, titik remnya gimana, fitur-fitur itu bisa dipakai atau tidak. Karena itu kan mobil second (mobil bekas) yang dipakai oleh almarhum,” kata Rudi Purwanto.

Baca Juga: Joddy Diduga Sengaja dalam Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Alasan Polisi

3. Hasil rekaman black box untuk penjelasan saksi ahli

Menguak Rekaman Kecelakaan Vanessa, Black Box Mobil Dikirim ke JepangMobil Vanessa rusak pasca kecelakaan di tol Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Menurut Rudi, keterangan yang didapatkan dari black box mobil Pajero itulah yang nantinya akan dijelaskan oleh saksi ahli untuk melengkapi berkas perkara kecelakaan maut dengan tersangka sopir Vanessa Angel, Tubagus Muhammad Joddy tersebut.

“Hasilnya itu lah yang nantinya akan dijelaskan oleh ahli dalam berkas,” ujar mantan Kasatlantas Polres Blitar tersebut.

Diketahui, Artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah alias Bibi meninggal dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang kilometer 672+300, masuk Desa Pucangsimo, Kecamatan BandarKedungmulyo, Kamis (4/11/2021) siang, pekan lalu.

Mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan keluarganya menabrak beton pembatas jalan tol di sebelah kiri. Sopirnya Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya (24) dan anaknya GL (1,7) dan asisten rumah tangga Siska Lorensa (21) mengalami luka dan selamat.

Atas insiden maut tersebut, polisi menetapkan, Tubagus Mohammad Joddy, sopir Vanessa Angel sebagai tersangka dan di tahan di Mapolres Jombang, Jawa Timur.  Tubagus M Joddy dijerat pasal berlapis.

Dia dijerat pasal 310 ayat 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya dengan ancaman enam tahun penjara dan denda Rp12  juta, dan atau Pasal 311 Ayat 5 UU RI Nomor 22 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya dengan ancaman 12 tahun penjara dan denda Rp24 juta.

Baca Juga: Joddy Diduga Sengaja dalam Kecelakaan Vanessa Angel, Ini Alasan Polisi

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya