Comscore Tracker

5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali Menyetir

Prioritaskan keamanan!

Saat menyetir mobil, ada banyak hal teknis yang perlu kamu ketahui tentang cara-cara pengoperasian mobil, apalagi jika kamu baru bisa menyetir mobil dan belum banyak tahu tentang karakteristik mobil yang kamu kendarai. Terlebih lagi mungkin kamu meminjam mobil milik keluargamu yang tentu kamu harus menyesuaikan dulu penggunaannya.

Biar semakin lancar dalam mengendarai mobil meskipun kamu baru bisa menyetir, perhatikan lima hal yang harus kamu ketahui di bawah ini, ya.

1. Posisi tangki bahan bakar

5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali MenyetirAutomotiveward.com

Saat memakai mobil orang lain yang kamu masih asing, kamu perlu tahu di mana letak tangki bahan bakarnya, apakah di kiri atau di kanan mobil. Hal ini penting kamu ketahui agar nggak kebingungan saat akan mengisi bahan bakar.

Jika kamu kelupaan melihat posisi tangkinya dari luar, kamu bisa melihat indikator bahan bakar di instrument cluster mobil yang kamu naiki, lihatlah pada panah di samping logo tangki bahan bakar, panah tersebut menunjukkan di mana posisi tangki bahan bakar mobilnya.

2. Tombol-tombol pengoperasian

5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali MenyetirDriving.ca

Mobil zaman sekarang semakin dibuat lebih praktis dengan tombol-tombol elektris. Kamu perlu tahu tombol-tombol yang paling sering digunakan. Seperti tombol menyalakan dan mematikan mesin jika mobilnya memiliki fitur itu, tombol lampu utama, sein dan hazard, serta tombol untuk menghidupkan wiper mobil. Pahami juga tombol-tombol tambahan untuk membuka kaca jendela dan mengatur kaca spion sebelum kamu mulai menyetir.

Baca Juga: 5 Etika Saat Mengendarai Mobil, Wajib Diketahui Semua Pengendara

3. Tekanan ban mobil

5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali MenyetirConsumerreports.org

Saat menaiki mobil baru, perhatikan tekanan bannya dengan cara cek terlebih dahulu jumlah tekanan ban yang disarankan yang biasanya tertulis di balik pintu belakang mobil, lalu coba cek apakah tekanannya sudah sesuai atau belum menggunakan alat pengecek tekanan ban atau kamu bisa mendatangi tempat pengisian angin dan nitrogen. Hafalkan bagaimana bentuk ban mobil saat tekanannya sudah sesuai, karena belum tentu ban mobil akan berbentuk bulat sempurna meskipun tekanannya sudah sesuai.

4. Cara mengganti ban serep

5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali MenyetirSoetrading.com

Kita nggak tahu apa yang bakal terjadi di jalanan terutama saat terjadi kebocoran ban. Hal yang paling penting kamu ketahui jika ban bocor adalah cara mengganti ban serep. Pastikan kamu membawa dongkrak dan pastikan juga kondisi ban serep kamu prima.

Cobalah berlatih mengganti ban serep di rumah, ajak orang terdekatmu yang sudah paham mobil untuk mengajari dan mengecek apakah ban sudah terpasang dengan benar sehingga saat kamu pergi sendirian kamu sudah bisa mengganti sendiri ban mobilmu dalam kondisi darurat. 

5. Cara membuka kap mobil dan bagasi

5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali MenyetirNaijauto.com

Hal ini juga perlu kamu ketahui, karena membuka kap mobil perlu kamu lakukan jika terjadi sesuatu kepada mobil yang kamu bawa. Selain itu, membuka bagasi juga merupakan sebuah hal yang perlu kamu ketahui caranya jika membawa barang di bagasi sering kamu lakukan.

Masing-masing mobil memiliki tuas pembuka kap dan bagasi yang berbeda-beda, cari tahu dulu di mana letak tuasnya agar saat ingin membuka kamu nggak kebingungan. Pahami juga bagaimana membukanya dari luar, karena beberapa mobil memiliki tombol atau tuas rahasia untuk membuka kap dan bagasi mobil dari luar.

Nah, itulah hal-hal dasar tentang mobil yang perlu kamu ketahui jika kamu baru pertama kali bisa menyetir dan membawa mobil yang kamu sendiri belum pernah membawa sebelumnya. Semoga bermanfaat ya dan stay safe saat menyetir!

Baca Juga: 5 Tips Merawat Power Window Mobil, Biar Nggak Gampang Macet

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You