Comscore Tracker

3 Tipe Ban Mobil Buat SUV, Jangan Asal Pilih!

Biar kenyamanannya maksimal

Jakarta, IDN Times - Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) sangat laris manis di pasaran saat ini. Sebab mampu melahap berbagai jenis medan jalanan, sehingga mobil ini memiliki desain kokoh dan ground clearance yang cukup tinggi. Karena itu, mobil SUV memiliki tipe ban yang bervariasi.

So, kamu gak boleh asal pilih memilih ban mobil SUV. Penting bagi kamu untuk mengetahui tipe-tipe ban mobil SUV terlebih dahulu. Sebab memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

1. All Terrain (A/T)

3 Tipe Ban Mobil Buat SUV, Jangan Asal Pilih!Ilustrasi ban mobil A/T (www.gearpatrol.com)

Mobil SUV memang memiliki kabin sangat luas, sehingga mampu mencukupi kebutuhan penggunaannya. So, mobil ini membutuhkan tapak ban yang lebih fleksibel seperti jenis AT. Supaya dapat melahap medan jalanan seperti berbatu, aspal, dan tanah. 

Namun kamu jangan terlalu mengandalkan ban ini untuk melintasi jalan berlumpur. Sebab ban AT cenderung sulit mendapatkan traksi. Ban ini juga memiliki tingkat kebisingan yang cukup tinggi jika digunakan di jalan aspal. Karena memang alur atau celah pada tapak ban ini lebih dalam. 

Meski demikian, ban AT sangat unggul berjalan di atas genangan air dan memiliki kemampuan pengereman yang bagus saat digunakan di musim. So, ban model ini cocok untuk mobil SUV yang digunakan sehari-hari.

Baca Juga: Bingung Pilih MPV atau SUV? Cek Dulu 4 Poin Ini

2. Highway Terrain (H/T)

3 Tipe Ban Mobil Buat SUV, Jangan Asal Pilih!Ilustrasi ban mobil H/T (walmart.com)

Mobil SUV menjadi salah satu pilihan yang tepat, apabila kamu ingin menggunakannya di jalan perkotaan yang rata. Maka itu, banyak produsen ban mengeluarkan jenis H/T untuk mobil SUV. Sebab ban ini memiliki tapak motif tapak ban dengan alur yang lebih rapat. 

Sehingga, ban dapat lebih mantap dalam mencengkram permukaan jalan.Bahkan, karena desainnya tersebut, ban H/T mampu menimbulkan suara lebih senyap saat melintasi jalanan beraspal.

Hanya saja, ban model ini gak direkomendasikan untuk jalan tanah atau berlumpur. Dalam kondisi jalan seperti itu, sangat memungkinkan ban gampang terperosok dan gak bisa bergerak karena g gak mempunyai grip yang memadai.

3. Mud Terrain (M/T)

3 Tipe Ban Mobil Buat SUV, Jangan Asal Pilih!Ilustrasi ban M/T (drivingline.com)

Selanjutnya, mobil SUV juga dapat menggunakan ban model Mud Terrain (M/T). Ban ini cocok berpacu di jalan berlumpur, karena memiliki tapak ban dan celah yang lebih lebar. Biasanya berbentuk kotak atau garis. Desain ini mampu membuat ban lihai dalam menggaruk permukaan tanah yang empuk.

So, ban bakal terus mendapatkan traksi dan mobil pun mampu terus bergerak baik itu untuk belok atau akselerasi. Itu sebabnya ban jenis ini dikenal dengan istilah ban pacul. Maka gak heran kalau ban ini banyak digunakan untuk kegiatan off-road.

Dibalik keunggulannya, ban M/T juga memiliki kekurangan, seperti menghasilkan suara yang cukup bising sehingga mengganggu kenyamanan saat mengemudi.

Tipe ban ini juga cenderung licin dan gak mempunyai cengkraman yang baik saat melakukan pengereman, atau melibas tikungan. Hal ini berlaku dalam kondisi jalanan yang kering atau basah, maka membuatnya gak cocok digunakan untuk berkendara dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: 5 SUV Bekas di Bawah Rp150 Juta 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya