Comscore Tracker

3 Tips Mengecek Dinamo Starter Mobil

Dinamo starter rusak bisa bikin mobil gak mau hidup

Jakarta, IDN Times - Dinamo starter memiliki potensi rusak yang cukup tinggi. Biasanya komponen ini mengalami gangguan akibat aki soak, karbon brush habis, gulungan pada starter terbakar, serta solenoid starter yang bermasalah. Sehingga, kamu terpaksa harus melakukan pengecekan agar terhindar dari gangguan tersebut.

Terdapat beberapa pengecekan dinamo starter mobil. So, berikut beberapa di antaranya.

1. Periksa soket otomatis dalam dinamo starter

3 Tips Mengecek Dinamo Starter MobilIlustrasi servis mobil (IDN Times/Dwi Agustiar)

Cara pertama memeriksa dinamo meter yaitu bisa melalui soket otomatis yang terdapat dalam dinamo starter. Cara ini harus dilakukan ketika kamu menemukan lampu indikator di dashboard masih menyala atau berkedip. 

Dalam hal ini, kamu harus menemukan kabel kecil yang menghubungkan antara dinamo starter dengan bagian soket otomatis terlebih dahulu. Pastikan lah kabel tersebut masih tersambung atau sudah putus. Kalau memang aman-aman saja, maka periksa juga bagian sekring dan relay.

Caranya cukup gampang, kamu hanya butuh starter mobil. Kalau memang terdapat bunyi 'klek' saat mesin dihidupkan, iru berarti komponen tersebut masih bagus. So, kerusakan bukan berasal dari kedua komponen tersebut.

Baca Juga: Step by Step Mendorong Mobil Mogok karena Aki Tekor

2. Periksa kondisi klem aki kabel

3 Tips Mengecek Dinamo Starter MobilLangkah-langkah jumper aki (haynes.com)

Kamu juga disarankan memeriksa kondisi klem aki mobil untuk memastikan dinamo starter rusak atau tidak. Sebab dinamo starter juga saling berhubungan dengan komponen lain yang terdapat pada mobil, salah satunya aki. Apabila klem kabel pada aki ditemukan longgar, maka aki gak bisa mengalirkan arus menuju dinamo starter.

Kamu bisa memeriksa klem aki dengan cara membuka mesin periksa terlebih dahulu pada bagian penyimpanan aki. Pastikan klem aki mempunyai terminal positif dan negatif. Baut pada klem juga jangan dibiarkan longgar begitu saja.

Namun jika baut dan klem aki masih normal dan baik, bisa jadi mesin gak menyala disebabkan oleh aki yang soak. Kamu bisa melakukan hal ini dengan cara jumper aki dengan menggunakan kabel. Setelah jumper aki dilakukan, dorong mobil ke depan gun memancing aki bekerja dengan normal kembali.

3. Memeriksa rutin aki mobil

3 Tips Mengecek Dinamo Starter MobilAki (youtube.com/Dokter Otomotif)

Selanjutnya, kamu bisa mengecek dinamo starter dengan cara memeriksa kabel aki secara rutin. Kabel aki yang mengalami gangguan mampu memicu kinerja dinamo meter menjadi lemah. 

Kabel aki yang bermasalah, ditandai dengan mesin mobil serta lampu indikator aki yang gak bisa dinyalakan. Maka itu, periksalah kabel aki secara rutin agar jika terjadi kerusakan dapat segera ditangani dengan baik.

Baca Juga: Benarkah Aki Kering Bisa Dicas Ulang?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya