Comscore Tracker

4 Ciri-ciri Freon AC Mobil Mulai Habis

Tanpa AC, naik mobil berasa di ruang SPA

Jakarta, IDN Times - AC mobil menjadi salah satu fitur penunjang kenyamanan saat berkendara. Keberadaan komponen ini membuat suhu dalam kabin menjadi dingin dan gak bikin kamu kegerahan. Namun, sewaktu-waktu AC mobil bisa saja mengeluarkan udara panas, apabila freon AC-nya sudah habis.

So, jangan biarkan freon AC mobil habis kalau kamu gak ingin kepanasan. Maka, kamu harus segera mengganti freon AC sebelum terjadi hal tersebut. So, alangkah baiknya kamu simak ciri-ciri freon AC mobil yang sudah habis, guna mengantisipasi hal tersebut. Berikut beberapa ciri-cirinya.

1. AC menjadi tidak sejuk

4 Ciri-ciri Freon AC Mobil Mulai HabisIlustrasi AC mobil (unsplash.com)

Apabila AC mobil hanya mengeluarkan angin saja, itu menandakan bahwa freon AC sudah habis. Padahal, kompresor AC dan kipas pendingin terdengar menyala dan bekerja.

Namun tetap saja hembusan udara yang keluar dari AC, bukannya terasa dingin justru malah sebaliknya. Meski, kamu sudah mengatur suhu sampai temperatur terdingin sekalipun, udara dalam kabin gak akan berubah menjadi sejuk.

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Terbaik Buat Jadi Mobil Pertamamu 

2. Magnetic clutch yang terus bekerja

4 Ciri-ciri Freon AC Mobil Mulai HabisIlustrasi AC mobil (unsplash.com)

Seharusnya magnetic clutch gak bekerja, ketika AC mobil dinyalakan. Sebab adanya tekanan dari freon. Tekanan ini akan mengeluarkan suara ketukan dari dalam ruang mesin.

Namun, apabila suara tersebut tidak berbunyi dan magnetic clutch terus terhubung sejak AC dinyalakan. Itu artinya, freon AC sudah hampir habis bahkan memang habis. Hal ini dikarenakan selang AC yang seharusnya dipenuhi dengan freon, berubah menjadi udara.

3. Tidak muncul cairan mengalir pada sight glass

4 Ciri-ciri Freon AC Mobil Mulai HabisIlustrasi AC mobil (unsplash.com)

Kamu juga dapat mengetahui freon AC habis atau tidaknya, dengan cara mengecek langsung pada bagian kap mesin. Kamu harus membuka kap terlebih dahulu, sambil menyalakan mesin. Setelah itu, carilah sight glass yang berbentuk bulat dan transparan. 

Kaca tersebut membantu kamu dalam memastikan freon AC sudah habis atau belum. Apabila masih terlihat cairan di balik kaca tersebut, maka itu berarti freon masih ada. Tapi kalau freon sudah habis, maka gak terlihat cairan yang mengalir di dalamnya.

4. Tidak muncul embun di selang AC

4 Ciri-ciri Freon AC Mobil Mulai HabisIlustrasi AC mobil (unsplash.com)

Mungkin kamu mengalami kesulitan untuk memeriksa lewat sight glass. Tapi tenang saja, sebab kamu bisa mengeceknya melalui selang low pressure AC. Biarkan mesin mobil dalam kondisi menyala saat mengeceknya, lalu carilah selang tersebut.

Kalau kamu menemukan selang yang berukuran kecil dan mengarak ke kondensor, itu adalah selang high pressure. Sedangkan, selang low pressure lebih besar dan menuju ke kompresor.

Selang low pressure AC akan muncul embun, apabila freon masih terisi. Embun tersebut muncul karena adanya perbedaan suhu dalam selang dan mesin yang panas. Tapi kalau ternyata tak ada embun sama sekali, maka itu tandanya freon AC mobil sudah habis.

Baca Juga: Deretan Mobil Rusia Ini Gak Kalah Sama Mobil Eropa dan Jepang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya